Membumikan Gas Bumi

December 14, 2017


Pencarian energi alternatif harus dilakukan mengingat pemakaian minyak dan gas LPG yang terus meningkat, terutama sejak adanya kebijakan konversi minyak tanah ke LPG. Setelah beberapa tahun berjalan, ternyata menimbulkan masalah yang sama yakni kelangkaan akibat meningkatnya penggunaan minyak dan gas LPG.

            Kelangkaan disebabkan produksi yang terus menurun sedangkan konsumsi masyarakat meningkat. Kelangkaan minyak bumi akan membuat gas LPG juga langka, karena gas LPG juga hasil produk tambang minyak tersebut. 
            Pemerintah harus terus mencari solusi hemat energi. Salah satunya dengan pemanfaatan gas bumi. Penggunaan gas bumi sebagai energi alternatif bukan hal yang baru, karena beberapa Negara maju sudah menggunakannya. Selain bahan pengganti LPG, gas bumi juga dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan.
Apa saja kelebihan gas bumi dibandingkan dengan minyak dan gas LPG?

Kelebihan gas bumi dibandingkan dengan gas LPG sebagai bahan bakar memasak:
1.      Harganya relative lebih murah.
2.      Tingkat keamanannya lebih tinggi.
3.      Perawatan lebih mudah.
4.      Cadangan gas bumi cukup banyak.
Kelebihan gas bumi dibandingkan minyak sebagai bahan bakar kendaraan:
1.      Mesin kendaraan relative lebih bersih
2.      Harga lebih murah
3.      Emisi gas karbon 0%
4.      Suara mesin halus
5.      Lebih irit bahan bakar
Setelah membaca kelebihan gas bumi diatas, apakah anda tertarik untuk beralih ke gas bumi? Jika iya, sabar dulu karena saya akan bahas kekurangan atau sisi negatif dari gas bumi.
Kekurangan gas bumi dibandingkan dengan gas LPG sebagai bahan memasak:
            Kekurangan gas bumi dibanding gas LPG sebagai bahan bakar memasak yaitu biaya pemasangan saluran pipa gas yang relatif lebih mahal dibanding kita membeli tabung gas LPG.
Kekurangan gas bumi dibandingkan minyak sebagai bahan bakar kendaraan:
1.      Kendaraan berjalan lambat karena kerja mesin tidak optimal.
2.      Stasiun pengisian Bahan Bakar Gas (BBG) masih sedikit.

            Setelah melihat ulasan antara kelebihan dan kekurangan gas bumi, bisa kita simpulkan bahwa gas bumi lebih unggul dibanding minyak atau gas LPG.
Kelebihan gas bumi yang cukup banyak, membuat saya penasaran terhadap distributor gas bumi di Indonesia karena terkesan pasif dalam mempromosikan pemakaian gas bumi, karena tidak pernah saya liat promosi di media massa atau media promosi lainnya. Sebenarnya pemasaran seperti apa yang sudah dijalankan dan apa hambatan dalam memasarkan gas bumi di Indonesia?
PERUSAHAAN GAS NEGARA

            Perusahaan Gas Negara (PGN) merupakan salah satu distributor gas bumi di Indonesia. PGN adalah perusahaan nasional Indonesia terbesar dibidang transportasi dan distribusi gas bumi yang berperan besar dalam pemenuhan gas bumi domestik.
            PGN telah mengembangkan solusi 360 di seluruh layanan mulai dari penyediaan hingga pemanfaatan gas bumi dan layanan pendukung lainnya. 
1.      Solusi Pemanfaatan Gas
            PGN memberi solusi pemanfaatan gas bumi seperti penyediaan energi listrik melalui anak usahanya Gagas Energi Indonesia, Peralatan Gas Bumi dan Konsultasi Energi. 
2.      Solusi Infrastruktur Gas
            PGN memberi solusi infrastruktur gas dengan teknologi jaringan pipa terintegrasi maupun non jaringan pipa melalui moda LNG,CNG atau kombinasi untuk menjangkau wilayah yang belum terakses jaringan pipa gas.
3.      Solusi Pasokan Gas
            PGN menjadi satu-satunya penyedia gas dengan portofolio pasokan yang besar sehingga menawarkan kehandalan dan harga kompetitif.
4.      Solusi Layanan Pendukung
            Layanan pendukung dikembangkan PGN melalui berbagai anak usaha. Engineering dan Konstruksi (EPC) dikelola oleh PGAS Solution, Project Management Concultancy dan konsultasi teknis lainnya oleh Energi Nusantara (SENA), serta sistem informasi dan telekomunikasi disediakan PGAS Telekomunikasi Nusantara.
5.      Solusi Operasi dan Pemeliharaan
            PGN menyediakan layanan solusi operasi dan pemeliharaan sistem pemanfaatan gas melalui anak usaha PGAS solution dan group. Solusi ini diberikan guna meningkatkan bisnis inti dan penciptaan peluang bisnis baru serta kemudahan dan kenyamanan pelanggan.

Jenis Pemasaran Yang Sudah Dilakukan PGN

1.   Promosi Melalui Media Cetak.
2.   Promosi Melalui Digital, yakni Video dan Sosial Media.
3.   Promosi melalui Edukasi Masyarakat
4.   Memberikan Penghargaan
5.   Promosi melalui Acara (Event)
                                                                                                                
Mengapa PGN Terkesan Pasif dalam Mempromosikan Gas Bumi?

            Jumlah pelanggan PGN yang segitu-segitu saja seperti pelanggan rumah tangga disebabkan pasokan gas yang tidak mencukupi, karena PGN tidak mendapat tambahan pasokan Gas, bila dipaksakan tambah pelanggan nanti dapat mengurangi pasokan pelanggan lainnya. Karena sejak 2007, PGN tidak lagi menerima alokasi pasokan atau kontrak gas baru yang signifikan.
            Gas tersebut tidak dapat dibeli seenaknya atau beli langsung ke perusahaan Kontraktor Kontrak Kejasama (Perusahaan yang memproduksi gas bumi). Gas itu harus mendapat alokasi dari Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) terlebih dahulu.
            Selama ini PGN mendapat alokasi setelah sektor lifting minyak, listrik dan pupuk. Perlu Revisi Undang-undang Minyak dan Gas agar dapat memperbaiki kondisi tersebut. Apabila diberikan pasokan lebih besar, PGN bisa secara masif membangun infrastruktur penyaluran gas yang dengan sendirinya akan melahirkan pasar konsumen gas. Secara otomatis akan ikut menggerakkan industri.
             

You Might Also Like

0 comments

Subscribe