Depth News adalah..

December 20, 2017

Pengertian dan Contoh Depth News


Depth News atau yang lebih dikenal dengan berita mendalam merupakan berita yang Penekananya pada why (mengapa peristiwa terjadi) dan how ( bagaimana peristiwa itu terjadi)

Terkadang so what ? (apa yang akan terjadi kemudian) dipakai untuk mendekatkan berita pada kebenaran prediksi lebih lanjut dari suatu peristiwa yang tengah terjadi.

Deskripsi berita analitis dan mengungkapkan banyak fakta penting sebagai pendukung.

Struktur berita yang digunakan adalah balok tegak. Karena, di setiap bagian berita (mulai kepala berita, tubuh berita, hingga kaki berita) mengandung inti peristiwa. Sehingga, membaca sebagian paragrap saja tidak dapat memahami atau mendapatkan informasi secara utuh. Karenanya, seluruh bagian berita depth news merupakan satu kesatuan utuh.


Berikut ini merupakan contoh berita Depth News :

Pasar Buah Tradisonal vs Pasar Swalayan
“Persaingan di dunia kerja memang tidak bisa kita hindari, hal ini juga terjadi di dunia perdagangan, seperti halnya persaingan pasar tradisional dan pasar swalayan di era modern seperti saat ini”

Di dunia modern seperti ini banyak sekali usaha asing yang masuk ke indonesia, seperti hal pasar swalayan yang semakin maak di indonesia, tak hanya kota besar namun juga kota-kota kecil seperti Bojonegoro. Di Bojonegoro sendiri sudah banyak pasar swalayan yang ada di kota ini, adanya pasar swalayan yang ada di bojonegoro menjadi pesaing secara nyata pasar-pasar tradisional yang sudah dulu ada di Bojonegoro.

Adanya pasar swalayan menjadi saingan nyata bagi pasar tradisional, hal ini juga di rasakan para pedagang di pasar buah Banjarejo Kabupaten Bojonegoro, banyak masyarakat yang memilih pasar swalayan dengan alasan lebih bersih dan nyaman, namun para pedagang di pasar tradisional memiliki senjata khusus yaitu soal harga, untuk harga memang pasar tradisional membandrol harga lebih murah karena pajak mereka yang memang lebih kecil dibandingkan di swalayan. Hal ini juga dirasakan salah seorang pembeli yang berhasil saya wawancarai “lebih suka di pasar tradisional, pastinya karna lebih murah dong mbak”.

Para pedagang buah juga menyebutkan bahwa pendapatanya sedikit menurun karena adanya pasar modern atau yang lebih kita kenal dengan pasar swalayan. Meskipun sebagian pelangganya beralih ke pasar swalayan tak membuat para pedagang buah ini kehabisan akal untuk bersaing di era modern saat ini, mereka tak hanya memiliki senjata soal harga namun juga kualitas buah yang semakin di tingkatkan.

Persainan juga tak hanya dengan pasar modern, di pasar buah Banjarjo tak hanya satu orang yang berjualan buah namun ada lebuh dari 10 pedagang yang berjualan berjajaran, namun tak ada satupun dari mereka yang bertengkar atau berebutan pelanggan, seperti yang di jelaskan ibu khusnul wanita berusia 30 tahun “kalo masalah itu saya sendiri sudah sepuluh tahun lebih jualan disini tapi yang lain pada ikutan dan akhirnya jadi pasar buah seperti sekarang ini” untuk persainganya sendiri ibu kusnul menjelaskan. “kalo saingan namanya jualan pasti tapi disini sudah ada langganan masing-masing”.

Sumber: niaputrips.blogspot.co.id

You Might Also Like

0 comments

Subscribe