Kota Deltamas, One Stop Living di Timur Jakarta

January 08, 2019


Pemandangan Kota Deltamas di Malam Hari (Sumber: Industriamagz.com)


Bagai anak kecil yang tumbuh dewasa nan cantik, begitulah kondisi Cikarang saat ini. Kota yang dulu hanya dipenuhi area persawahan serta ladang tandus dengan bentuk berbukit-bukit, kini sudah berubah di penuhi dengan gedung-gedung pencakar langit. Saat ini Cikarang memiliki image yang baru, yaitu kota industri dengan hunian modern didalamnya.

Saat ini Cikarang telah menjadi salah satu pusat industri nasional, dimana nilai ekspornya mampu bersaing dengan Batam. Kawasan Industri di Cikarang merupakan kawasan industri yang potensial, mengingat sekitar kurang lebih 3000 pabrik yang berasal dari 30 negara berlokasi di kawasan tersebut. Kawasan tersebut mampu menyumbang sebesar 34,46 % PMA Nasional, serta 22-45 % volume ekspor nasional pada tahun 2008 dengan omzet mencapai $35 milyar dan 70% diantaranya untuk pasar ekspor.

Pertumbuhan Cikarang yang begitu pesat tak terlepas dari andil pemerintah. Sejak tahun 80an, pemerintah menunjuk Cikarang sebagai kawasan industri. Hal itulah yang menarik minat investor untuk berinvestasi di Cikarang.  Keberadaan karyawan di industri tersebut, secara tidak langsung meningkatkan minat masyarakat untuk memiliki hunian di Cikarang.

Satu daerah yang cukup diminati investor adalah Kota Deltamas. Kota Deltamas merupakan kota mandiri terpadu modern, yang dibangun di atas lahan seluas sekitar 3.200 hektar. Kota Deltamas menggabungkan antara hunian, komersial dan kawasan industri bertaraf internasional yang dilengkapi berbagai fasilitas dan infrastruktur berkelas dunia.

Kota Deltamas dikembangkan oleh PT Puradelta Lestari Tbk, sebuah joint venture antara Sinar Mas Land dan Sojitz Corporation dari Jepang. Sinar Mas Land merupakan salah satu pengembang properti terkemuka yang tidak lagi diragukan rekam jejaknya dan tercatat di Bursa Efek Singapore (SGX), sementara Sojitz Corporation merupakan perusahaan konglomerat dari Jepang dengan jaringan kuat di seluruh dunia, memililki lebih dari 500 perusahaan dan beroperasi di 50 negara, dan tercatat di Bursa Efek Tokyo (TSE).

Nama besar kedua perusahaan ini yang diyakini menjadi salah satu penyebab banyaknya orang yang membeli hunian di Kota Deltamas. Nama besar yang tidak didapat hanya dalam satu malam, melainkan butuh  waktu yang panjang, dedikasi, visi yang baik, serta modal yang cukup besar.

Kota Deltamas di akhir semester pertama tahun 2018, PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) mencatatkan penjualan lahan industri sebesar 21,7 hektar atau yang tertinggi di pangsa pasar penjualan lahan industri. Pencapaian penjualan ini karena keunggulan kompetitif yang dimiliki perseroan dengan fasilitas dan infrastruktur yang komprehensif.

Tondy Suwanto, Direktur Puradelta Lestari mengatakan, hal tersebut mengokohkan kembali posisi Kota Deltamas sebagai pemimpin di sektor pengembang kawasan industri dalam beberapa tahun terakhir. Selain pertumbuhan penjualan lahan, pengembang kawasan industri terpadu Kota Deltamas ini juga berhasil mencatatkan penjualan di semester pertama tahun ini sebesar Rp561 miliar dari penjualan lahan industri, lahan komersial, maupun produk hunian, atau sekitar 45% dari target penjualan Kota Deltamas tahun ini Rp1,25 triliun.



Greenland Internasional Industrial Center (GIIC) Kota Deltamas (Sumber: Kota-Deltamas.com)


Kota Deltamas memiliki produk residensial, komersial dan industrial. Greenland International Industrial Center (GIIC) merupakan kawasan industri berkonsep hijau dengan pengembangan area berkonsep ramah lingkungan. Beberapa perusahaan yang telah sepakat untuk mendirikan usaha di kawasan GIIC antara lain, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, PT Suzuki Indomobil Motor, PT Daiho Indonesia dan masih banyak lagi.

Setiap cluster di Kota Deltamas dilengkapi dengan taman atau Cluster Park yang nyaman untuk kumpul bersama keluarga. Kota Deltamas juga menyediakan kawasan alami untuk bersepeda, dikenal dengan Cikarang MTB Park (C'Park). C'Park dapat digunakan bagi semua jenis sepeda dan semua usia. Kegiatan bersepeda adalah bentuk "Green Inisiatif". Semakin banyak orang bersepeda, semakin berkurang penggunaan kendaraan bermotor dan emisi karbon ke atmosfer.

Kota Deltamas terus berkomitmen melakukan penghijauan di Kabupaten Bekasi pada umumnya dan Kota Deltamas pada khususnya. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan program revitalisasi dan reboisasi pohon-pohon disekitar danau dan juga memperbaiki irigasi kawasan. Jenis pohon yang ditanam di Kota Deltamas antara lain trembesi, flamboyan, tanjung, trebebaya, ketapang kencana, cemara dan mangga. Tanaman tersebut cocok untuk wilayah Cikarang karena mampu bertahan dalam kondisi kering, bisa jadi peneduh, dan cepat tumbuh.

Hongky J. Nantung, Presiden Direktur PT Puradelta Lestari Tbk., menjelaskan, “Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini kondisi kota di berbagai tempat termasuk Kabupaten Bekasi semakin padat. Butuh upaya serius dalam melakukan penghijauan dan menciptakan lingkungan yang sehat, nyaman dan berkelanjutan. Melalui program penanaman pohon ini, Perseroan berharap bahwa langkah ini dapat menjadi salah satu upaya penyelamatan dan pelestarian lingkungan.”


Pemenang Green Property Awards 2018 (Sumber: asrinesia.com)


Semua program penghijauan yang telah dilakukan oleh Kota Deltamas bukan sekedar gimmick belaka. Hal ini dapat dibuktikan dengan terpilihnya perumahan Savasa sebagai proyek yang ecofriendly dari Green Property Awards 2018 (GPA). Terpilihnya savasa karena setiap rumah di Savasa dilengkapi fitur canggih seperti Panasonic Home Network System dan sistem penyaring udara Puretech. Rumah ini diklaim 97 persen bebas debu, kotoran, dan polusi yang berbahaya karena udara yang masuk telah disaring oleh Puretech.

Green Property Awards (GPA) merupakan ajang apresiasi untuk mendorong perusahaan developer menerapkan konsep ecofriendly dalam pengembangan proyeknya, kendati insentif dan keseriusan pemerintah mendukungnya masih minim, dan keseriusan developer juga naik turun. Developer perlu terus didorong menjadi ramah lingkungan, karena real estate adalah proyek yang mengubah lahan terbuka dan vegetasi menjadi bangunan.



Aksesibilitas Kota Deltamas (Sumber: Plaza-Bisnis.com)

Beragam keunggulan lain yang dimikili oleh Kota Deltamas adalah lokasinya yang sangat strategis dan mudah di jangkau. Akses Tol langsung dari Cikarang Timur, memuat kenyamanan aksesibilitas bagi para investor yang tinggal di Kota Deltamas. Lokasinya sangat dekat dengan jalan Tol Jakarta-Cikampek yang dapat di akses langsung dari Pintu Keluar Km 37 Cikarang Pusat. 

Kota Deltamas juga dilengkapi dengan fasilitas yang sangat lengkap seperti Fasilitas Pendidikan, Kesehatan, Keamanan, Hotel, Apartemen, Rekreasi dan Olahraga. Untuk fasilitas kesehatan ada Rumah Sakit Mitra Keluarga, klinik Promedika dan lain-lain. Hal ini akan memberikan kemudahan bagi para penghuni untuk memeriksakan kesehatan mereka.


Kampus ITSB (Sumber: Okezone.com)


Untuk fasilitas pendidikan, kawasan hunian ini dekat dengan lokasi beberapa sekolah dan perguruan tinggi terbaik, seperti Sekolah Pangudi Luhur Bernardus, Sekolah Vokasi Ananda Mitra Industri Deltamas, kampus ITSB (kampus kolaborasi Sinar Mas dengan ITB), kompleks pendidikan Korea, Fajar Hidayah dan yang baru akan beroperasi pada April 2019 yaitu Japanesse School.

Kampus ITSB dinobatkan sebagai Green Campus Pertama di Indonesia oleh Green Building Council Indonesia karena mengembangkan arsitektur hijau. Kampus ITSB melakukan efisiensi dan hemat energi melalui bangunan berkoridor tunggal, penerapan double skin pada tapak, pengolahan sampah, pemanfaatan air hujan, memaksimalkan pencahayaan alami dan mengurangi penggunaan AC. Kampus ITSB juga memiliki ruang terbuka hijau mencapai 61% dari seluruh area kampus. Dengan cara itu, ITSB bisa hemat energi hingga 38%, hemat air 31% dan non emisi CO2 sebanyak 800 ton per tahun.
 
PGN Kota Deltamas (Sumber:trip-suggest.com)


Sebuah hunian lengkap tidak terlepas dari fasilitas infrastruktur yang memadai, Kota Deltamas dilengkapi fasilitas dengan standard internasional. Tenaga listrik bersumber langsung dari PLN dengan layanan premium, dimana kita akan mendapatkan pelayanan prioritas dari PLN. Kota Deltamas juga menyediakan kabel fiber optic dimana merupakan pendukung utama dalam infrastruktur komunikasi, yang menjamin konsistensi dan kecepatan suara serta koneksi data. Di Kota Deltamas telah terpasang jalur gas dari PGN sebagai penunjang dari kebutuhan masyarakat khususnya pelaku industri.

Pengadaan air bersih dan air limbah dikelola oleh manajemen Kota Deltamas, agar Kota Deltamas menjadi kota yang bersih dan sehat. Kota Deltamas selalu berupaya mengutamakan penghijauan dalam setiap unsur designnya.


Panasonic Home Network System


Kota Deltamas juga ingin menciptakan rasa nyaman dan aman untuk para penghuni dan pengunjungnya. Petugas keamanan dapat anda temui 24 jam di setiap posko cluster, pusat komersial, area industri, fasilitas dan public area yang berada di Kota Deltamas. Petugas keamanan juga berpatroli 24 jam untuk mengindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain sistem keamanan manual, hunian di Kota Deltamas juga dilengkapi dengan sistem keamanan automatis. Sistem ini disebut dengan Panasonic Home Network System. Panasonic Home Network System adalah sistem keamanan tanpa kabel, yang menggunakan kamera dan sensor yang terkoneksi pada aplikasi di smartphone anda. Sistem ini terdiri dari 2 unit CCTV indoor dan outdoor, 1 unit hub, 1 unit sensor gerak, 1 unit sensor jendela/pintu, 1 unit smart plug dan 1 unit digital cordless phone.


Sistem ini bisa digunakan untuk memantau, mengontrol dan menjaga keamanan di rumah anda, seperti memantau kondisi anak anda yang berbeda ruangan dengan anda, untuk memantau kondisi rumah ketika anda sedang di luar rumah, mematikan lampu atau peralatan listrik lainnya hanya menggunakan smartphone anda, untuk mengetahui siapa yang mengunjungi rumah anda dan untuk mendeteksi orang-orang mencurigakan yang masuk ke rumah anda ketika anda sedang berpergian.



Sport Center Kota Deltamas (Sumber: Kota-Deltamas.com)


Kota Deltamas juga menyediakan tempat untuk memenuhi kebutuhan berolahraga, antara lain Deltamas Sport Center, Futsal Corner, Malibu Club House dan Pasadena Serenade Swimming Pool. Tempat ini akan menjadi lokasi favorit bagi para penghuni untuk menjaga kebugaran tubuh.

Yang tak kalah penting, Kota Deltamas juga dekat dengan Pusat Pemerintah Kabupaten Bekasi beserta Muspida Tingkat Dua sehingga memudahkan para pelaku industri, perdagangan, dan administrasi penduduk untuk mengurus perizinan (pelayanan satu atap).


TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN

 
Revitalisasi dan Reboisasi Kawasan Situ Kota Deltamas (Sumber: infonitas.com)

Keberlanjutan usaha Perseroan sangat erat terkait dengan keberhasilannya dalam memastikan kualitas produknya. Untuk itu, Puradelta Lestari telah membentuk unit Hubungan Pelanggan yang bertugas untuk menindaklanjuti dan menyelesaikan keluhan pelanggan. Perseroan juga telah membentuk tim pengolaan kawasan yang melaksanakan pekerjaan pemeliharaan dan perbaikan rutin bagi kenyamanan seluruh pelanggan. Perseroan juga memastikan keamananan wilayah Kota Deltamas dengan personil keamanan yang tersebar di seluruh wilayah Kota Deltamas dan pemadam kebakaran yang siap siaga mencegah bencana kebakaran di kawasan Kota Deltamas.

PT Puradelta Lestari Tbk senantiasa memberi prioritas pada upaya mempertahankan keseimbangan antara kepentingan usahanya dengan tanggung jawab sosial dan lingkungannya. Hal ini didasarkan pada keyakinan bahwa keberlanjutan jangka panjang perseroan sangat tergantung kepada terciptanya hubungan harmonis dengan seluruh pemangku kepentingan.

Pengembangan sosial dan masyarakat di Kota Deltamas dilaksanakan melalui koordinasi dengan kegiatan tanggung jawab sosial kebupaten Bekasi. Hal ini bertujuan meningkatkan sinergi dengan program tanggung jawab sosial pemerintah sehingga dapat memaksimalkan dampaknya bagi masyarakat. Di bidang pengembangan sosial, perseroan terlibat dalam kegiatan renovasi dan rehabilitasi infrastruktur publik.

Bantuan tanggap darurat juga diberikan bagi para korban kebakaran yang terjadi di sekitar area Puradelta Lestari. Perseroan juga memberikan dukungan sosial bagi masyarakat sekitar. Di bidang kesehatan masyarakat, Puradelta Lestari aktif dalam memberikan layanan kesehatan gratis, pembangunan infrastruktur air bersih, serta membantu pengembangan kesehatan lingkungan. Pasokan air bersih juga diberikan kepada masyarakat sekitar selama musim kemarau. Di bidang pendidikan, Perseroan membantu renovasi gedung sekolah dasar di Hegarmukti dan Sukamahi, Cikarang Pusat, serta memberikan beasiswa bagi anak-anak dari keluarga mampu dan program pelatihan untuk meningkatkan keterampilan peserta pelatihan.

Pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan merupakan bagian penting dari prioritas usaha Perseroan. Rincian untuk meraih keberlanjutan lingkungan merupakan bagian dari pengembangan kawasan, sebagai refleksi komitmen Perseroan pada perlindungan lingkungan. Selain itu, kawasan industri Kota Deltamas selektif dalam menerima pabrik yang beroperasi mempertimbangkan dampak lingkungan. Untuk mendukung komitmen Go Greeen, Perseroan mengalokasikan beberapa lahan untuk kebutuhan pembibitan, dimana tanaman dikembangkan hingga ukuran tertentu, untuk pengembangan area hijau Kota Deltamas.

Perseroan mengoperasikan fasilitas pengolaan air limbah untuk mengkonversikan air limbah menjadi air yang aman bagi lingkungan, sesuai dengan Standar Baku Mutu Lingkungan (BML). Saat ini sedang dibangun fasilitas pengelolaan air limbah baru guna memenuhi terus meningkatkan jumlah pelanggan industri.

You Might Also Like

0 comments

Subscribe