REVIEW ZENFONE MAX M2, SMARTPHONE UNTUK PECINTA GAMING DAN SELFIE

January 27, 2019


Jess No Limit saat peluncuran ASUS Zenfone Max M2 (Sumber:ASUS)


Beberapa tahun belakangan ini, dunia esport di Indonesia berkembang sangat pesat. Banyak bermunculan tim-tim esport di Indonesia, sebut saja Evos esport, RRQ, Louvre, Aerowolf, Onic, Bigetron dan masih banyak lagi. Pertandingan esport pun tak kalah banyak, hampir tiap akhir pekan selalu ada turnamen, seperti Mobile Legend (ML), Arena Of Valor (AOV) atau PUBG Mobile. Bahkan esport pun kini mulai di pertandingkan di Sea Games, Asian Games dan Olimpiade.

Dulu, bermain game dianggap sebagai perbuatan yang sia-sia. Namun kini image itu berubah, karena bermain game dapat dijadikan pekerjaan dengan penghasilan yang cukup besar. Sebut saja pro player yang cukup terkenal di Indonesia, seperti Jess No Limit. Di usia yang masih cukup muda, dia dapat menghasilkan ratusan juta rupiah per bulan. Hasil inilah yang banyak menginspirasi anak-anak di Indonesia, untuk menjadi pro player seperti dia.

Kini, orang tua mulai mendukung jika anaknya ingin menjadi pro player. Tidak hanya dukungan orang tua, untuk menjadi pro player juga diperlukan device yang baik, karena game-game saat ini memiliki visual yang baik, sehingga membutuhkan smartphone yang baik pula.

Akhir tahun 2018, ASUS merilis 3 buah smartphone untuk mengakomodir kebutuhan para gamers. 3 unit smartphone yang dirilis adalah, ROG Phone, Zenfone Max Pro M2 dan sang adik, Zenfone Max M2. Pada kesempatan kali ini, saya hanya akan mereview Zenfone Max M2. Kenapa Zenfone Max M2?, karena Zenfone Max M2 memiliki spesifikasi yang tidak berbeda jauh dengan Zenfone Max Pro M2. Sebenarnya smartphone ini cukup glamour, namun kalah pamor dibanding Zenfone Max Pro M2.

Sejauh apa smartphone ini mampu dipakai untuk bermain game mobile?, mari kita bahas secara mendetail.

BODY

Body Zenfone Max M2 (Sumber:Dokpri)

Zenfone Max M2 menggunakan body metal pada designnya. Body metal ini membuat tampilan Zenfone Max M2 terlihat kokoh dan elegant. Dengan ketebalan yang hanya 7.7 mm, smartphone ini akan sangat ringkas untuk dibawa kemana-mana. Saat ini Zenfone Max M2 tersedia dalam 3 pilihan warna, yaitu hitam, biru dan silver.

Tidak seperti Zenfone Max Pro M2 yang terlihat glossy, Zenfone Max M2 terlihat sangat kasat seperti seri sebelumnya, yaitu Zenfone Max M1. Bahan metal yang digunakan cenderung licin ditangan, butuh soft case untuk menambah kenyamanan saat smartphone ini digenggam. Namun jangan khawatir, karena setiap pembelian Zenfone Max M2 akan mendapatkan sebuah jelly case.

LAYAR

Layar Zenfone Max M2 (Sumber:Dokpri)

Zenfone Max M2 dibekali dengan layar sebesar 6,3 inci. Ukuran layar yang besar ini, akan sangat membantu pengguna yang memiliki jempol yang besar. Berdasarkan pengalaman, jika mengetik sebuah pesan di layar yang kecil, akan sering terjadi salah ketik, karena posisi keypad yang terlalu berdekatan. 

Begitu juga ketika di pakai untuk bermain game MOBA. Layar yang kecil membuat tombol skill 1, 2 dan 3 menjadi berdekatan. Ketika dipakai bermain, akan rawan terjadi kesalahan ketika mengeluarkan skill heronya. Jadi, layar yang besar ini akan memberikan kenyamanan yang lebih ketika smartphone ini digunakan untuk mengetik pesan atau bermain game.

Walaupun layarnya cukup besar, dengan rasio screen to body mencapai 19:9, Zenfone Max M2 akan tetap nyaman saat digenggam. Layar Zenfone Max M2 sudah terdapat poni pada bagian atasnya, seperti smartphone yang sedang trand saat ini.

Zenfone Max M2 dibekali dengan resolusi layar HD+. Walau resolusi yang disematkan dianggap sebagai salah satu kekurangan, tetapi dengan resolusi ini, akan sangat menghemat penggunaan baterai. Untuk penggunaan sehari-hari pun cukup nyaman, walau gambar yang dihasilkan tidak akan setajam dengan layar full HD.

KINERJA

Chipset Zenfone Max M2 (Sumber: Dokpri)

Zenfone Max M2 dibekali dengan processor Qualcomm Snapdragon 632. Penggunaan processor Qualcomm Snapdragon 632 merupakan yang pertama di Indonesia. Penggunaan processor ini mampu memberikan performa yang kuat, serta 40 % lebih cepat dari generasi sebelumnya, yaitu Qualcomm Snapdragon 625, yang terkenal punya performa tinggi tetapi hemat daya dan tidak panas. Processor ini mampu membuat smartphone menjadi lebih responsif dan lancar, ketika digunakan untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus (multitasking). Dan yang tak kalah penting, smartphone ini sudah dilengkapi dengan system operasi pure android Oreo 8.0 yang sangat ringan untuk bermain game.

Pengetesan Game Free Fire di Zenfone Max M2 (Sumber: TrendingTek)

Untuk mencoba kinerja Zenfone Max M2 sebagai smartphone gaming. Percobaan pertama akan saya lakukan test pada game free fire. Game Free fire merupakan game bawaan yang akan anda dapatkan ketika anda membeli smartphone ini. 

Ketika game free fire dijalankan, setingan grafis berada pada posisi Ultra dan FPS-nya berada pada posisi normal. Pada posisi ini, permainan terasa sangat smooth dan stabil. Bahkan ketika settingan grafisnya diubah ke posisi ultra dan FPS-nya pada posisi high. Permainan tetap terasa smooth dan stabil. FPS terlihat tinggi. Setelah menjalankan 1 kali permainan, memakan kapasitas baterai sebesar 3%.

Pengetesan Game Arena Of Valor di Zenfone Max M2 (Sumber: TrendingTek)

Percobaan kedua di lakukan dengan game Arena of Valor (AOV). Pada game ini, hanya bisa di setting dengan resolusi HD, dan tidak ada pilihan FPS-nya. Setelah game ini dimainkan, FPS-nya cukup stabil di angka 30 fps. Ketika muncul visual efek yang cukup banyak, smartphone ini tidak lag dan sangat terasa smooth. 

Pengetesan Game PUBG Mobile di Zenfone Max M2 (Sumber: TrendingTek)

Untuk percobaan ketiga, kita coba pada game PUBG Mobile. PUBG Mobile dipilih karena game ini sedang laris di Indonesia dan membutuhkan FPS yang cukup tinggi. Jadi, akan cocok sekali untuk mengetes kinerja Zenfone Max M2. Untuk bermain PUBG Mobile pada FPS medium, akan terasa smooth. Tapi, ketika setingan FPS-nya di ubah ke high, sesekali terjadi drob, dan itu membuat kurang nyaman. 

Cek Temperatur Zenfone Max M2 Setelah di pakai bermain game (Sumber:TrendingTek)

Setelah dilakukan pengujian pada beberapa game secara terus menerus, tidak ada tanda-tanda overheat. Suhu pada smartphone terlihat cukup stabil.

MULTIMEDIA

Audio pada Zenfone Max M2 menggunakan 5 magnet speaker, dengan lapisan metal dan amplifier NXP dengan distorsi rendah, sehingga menghasilkan suara yang jernih dan jelas. Jadi, Kualitas audio ini dapat membantu pengguna yang bercita-cita menjadi vlogger, karena ketika melakukan rekaman di lokasi yang cukup ramai, hasil audionya akan minim noise (desis).

BATERAI

Kapasitas Baterai Zenfone Max M2 (Sumber: Dokpri)

Zenfone Max M2 dibekali dengan baterai li-polimer berkapasitas 4000 mAh.  Baterai ini diklaim mampu bertahan selama 33 hari dalam posisi standby dengan jaringan 4G, 21 Jam ketika dipakai untuk menyaksikan video, 8 jam untuk digunakan bermain game free fire, 22 jam untuk browsing internet dan 35 jam ketika digunakan untuk menelpon. 

Kemampuan menghemat baterai ini tak terlepas dari andil chipset 632 dan layar HD+ yang digunakan. Chipset 632 mampu menyeimbangkan antara performa dan konsumsi daya dengan sangat baik.

Ulasan pengguna Zenfone Max M2 (Sumber: TrendingTek)

Dari beberapa pengguna Zenfone Max M2 yang saya baca di beberapa forum, ketahanan baterai Zenfone Max M2 ini benar adanya. Seperti beberapa komentar yang telah saya screen shoot di atas, untuk pengecasan yang dilakukan dalam waktu 1 jam, smartphone ini mampu bertahan selama 1 hari. Tentu, ketika kita hendak berpergian, kita tidak perlu membawa power bank yang hanya akan memberatkan saku kita.

KAMERA

Kamera Zenfone Max M2 (Sumber: Dokpri)


Di bagian belakang, Zenfone Max M2 dibekali dengan sistem dual-kamera. Dengan kamera 13 MP dan aperture f/1.8, Zenfone Max M2 dapat mengambil foto dengan jelas pada kondisi apapun. Untuk pengambilan foto dalam kondisi minim cahaya (low light), posisi smartphone harus ditahan beberapa saat agar tidak ngeblur. Hal ini lumrah terjadi pada kamera-kamera di smartphone.

Perekaman video pada Zenfone Max M2 dapat diambil dengan resolusi 4K. Untuk meminimalisir guncangan saat pengambilan video, Zenfone Max M2 dilengkapi dengan fitur Electronic Image Stabilization (EIS). Namun sayang, ketika pengambilan video menggunakan EIS, resolusi maksimal yang dapat dipakai hanya 720P.

Seperti yang telah saya sebutkan pada judul artikel ini. Smartphone ini tidak hanya cocok dipakai oleh para gamer, tetapi juga cocok dipakai oleh para pecinta selfie. Smartphone ini dibekali dengan fitur real time beautification yang dapat digunakan untuk memutihkan wajah, menghilangkan jerawat dan menyeimbangkan wajah. Jadi, fitur ini sangat berfungsi untuk anda yang selalu ingin terlihat cantik.

Berikut hasil foto dari Zenfone Max M2 pada posisi terang dan minim cahaya.

Hasil foto Zenfone Max M2 dalam kondisi terang (Sumber:Gadgetren)
 
Hasil foto Zenfone Max M2 dalam kondisi terang (Sumber:Gadgetren)
Hasil foto Zenfone Max M2 dalam kondisi minim cahaya (low light) (Sumber:Gadgetren)

KESIMPULAN

Untuk smartphone gaming diangka 2 jutaan, Zenfone Max M2 sangat recommended untuk dimiliki. Seperti yang sudah saya utarakan sebelumnya, smartphone ini dapat dipakai untuk bermain game-game dengan visual yang baik dan FPS yang tinggi. Dengan dukungan layar yang cukup besar, akan memberikan kenyamanan saat melihat mini map pada game Mobile Legend, Arena Of Valor, Free Fire atau PUBG Mobile.

Kualitas foto dan video yang dihasilkan juga sangat baik, akan sangat berguna bagi anda yang tidak terlalu suka bermain game. Smartphone ini sangat cocok untuk menemani aktivitas sehari-hari karena kapasitas baterainya yang besar.

SPESIFIKASI


Umum

Teknologi
GSM/CDMA/HSPA/LTE
GPRS
Iya
Edge
Iya
Jaringan 2G
GSM850/ 900/ 1800/ 1900 - SIM 1 & SIM 2
Jaringan 3G
HSDPA 850/ 900/ 1900/ 2100
Jaringan 4G
Lte band 1(2100), 2(1900), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800), 40(2300)
Kecepatan
HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
Tanggal Rilis
Desember 2018
Bentuk Model

Dimensi
158.4 x 76.3 x 7.7 mm (6.24x 3.00 x 0.30 inci)
Berat
160 g (5.64 oz)
Bahan
Bingkai logam + Kaca Belakang
SIM
Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar

Tipe
Layar Sentuh Kapasitif LCD IPS, 16 Juta Warna
Lebar
6.3 inci, 99.1 cm2 (82.0% Rasio Layar dan Bodi)
Resolusi Layar
720 x 1520 Piksel, Rasio 19:9 (267 Kepadatan Ppi)
Sentuhan
Iya
Pelindung
Cornning Gorilla Glass 5
OS & CPU

Sistem Operasi
Android 8.1 (Oreo)
Chipset
Qualcomm SDM632 snapdragon 632 (14 nm)
CPU
Octa-core (4x1.8 GHz Kryo 250 Gold & 4x1.8GHz Kryo 250 Silver)
GPU
Adreno 506
Memory

Kartu Memory
MicroSD, hingga 512 GB (slot khusus)
Memory Internal
32 GB
RAM
3 GB
Kamera

Kamera Depan
8 MP, f/2.0
Kamera Belakang
13 MP, PDAF

2 MP, Sensor Kedalaman
Video
1080p@30fps
Fitur
LED flash, HDR, panorama
Sound

Tipe
Getaran, MP3, Nada Dering WAV
Loudspeaker
Iya
Jenis Jack
3.5mm Jack

-Pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus
Konektivitas

WLAN
Wi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth
4.2, A2DP, LE
GPS
Iya, dengan A-GPS, GLONASS, BDS
Radio
FM Radio
Tipe USB
MicroUSB 2.0, USB on-the-go
NFC

Fitur Tambahan

Sensor
Sidik Jari (dipasang dibelakang), akselerometer, jarak, kompas
Jenis Pesan
SMS (Tampilan Ulir), MMS, Email, Push Email, IM
Peramban
HTML5

-MP3/ WAV/ eAAC + Player
Fitur Lainnya
-Pemain MP4 / H.264

-Penampil dokumen

-Editor foto / video
Baterai

Tipe Baterai
Baterai Li-Ion 4000 mAh yang tidak dapat dilepas
Siaga
-
Aktif
-
Warna

Pilihan Warna
Hitam, Biru dan Silver

HARGA
 
Zenfone Max M2 dijual dengan harga sebagai berikut:
3/32: Rp2.299.000,-
4/64: Rp2.699.000,- 

RATING



Desain
⭐⭐⭐⭐
Kinerja
⭐⭐⭐⭐
Kamera
⭐⭐⭐⭐
Baterai
⭐⭐⭐⭐⭐
Harga
⭐⭐⭐⭐
Total
4.2/5

You Might Also Like

0 comments

Subscribe