ANTARA AKU, TRAVELBLOG.ID DAN CATATAN PERJALANANKU

February 27, 2019

Photo kami di Danau Segara Anakan Gunung Rinjani (Sumber:  Dok. Pribadi)

Sekitar bulan Agustus tahun 2015, saya dan 15 orang teman melakukan pendakian ke gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pendakian 6 gunung tertinggi di Indonesia ini adalah pendakian yang sudah kami agendakan tiap tahun, selain gunung-gunung lain yang ada di Pulau Jawa tentunya. Tidak seperti perjalanan kami ke gunung Semeru tahun 2014 yang berjalan lancar, pendakian gunung rinjani ini menyisakan sekelumit kisah. Kami naik dari jalur sembalun dan berencana akan melintas turun di jalur senaru. Saat perjalanan dari puncak sembalun menuju segara anak, teman wanita kami tiba-tiba haid yang menyebabkan perutnya keram. Perjalanan jadi sedikit terhambat karena kami tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Tak hanya sampai disitu, perjalanan pulang kami dari danau segara anak menuju pintu senaru harus terhenti di pos 1 senaru yang terkenal angker. Kami tak menyangka bahwa perjalanan dari danau segara anak menuju pintu senaru sejauh itu. Kami mulai berjalan pukul 10.00 WIB dan sampai pukul 00.00 WIB masih berada di dalam hutan senaru. Persedian air kami habis karena kami hanya membawa 1 botol air minum per orang. Kondisi lelah, ada teman yang haid, cuaca yang dingin, dan ngantuk membuat sebagian dari kami harus menghentikan perjalanan. Sudah tidak ada rasa takut akan hantu, binatang buas, dan lain sebagainya. Malam itu kami bermalam di tengah hutan cuma beralas matras dan beratapkan langit hutan senaru. Hingga esok paginya kami dapat melanjutkan perjalanan ke pintu senaru, untuk segera bergegas pulang ke Jakarta.

Sebenarnya saya ingin membagikan kisah perjalanan ini, namun tidak tahu harus menulis dimana karena saat itu belum punya blog pribadi. Akhirnya, perjalanan ke Rinjani ini hanya tersimpan dalam ingatan saya. 3 tahun telah berlalu, gunung demi gunung telah kami daki, namun seperti yang sudah-sudah, setiap ceritanya hanya mampu di simpan dalam ingatan. Hingga akhirnya kami berencana untuk menghabiskan waktu libur tahun baru 2019. Target kami daerah di Jawa Barat saja, karena kami enggan merasakan macet jika harus ke Jawa Tengah atau Jawa Timur. Berhubung hampir semua gunung di Jawa Barat sudah pernah kami datangi, tentu kami butuh referensi lokasi gunung lain yang tak kalah indah namun ada di wilayah Jawa Barat.

Mesin pencari google membawa saya ke salah satu portal khusus travel yang cukup lengkap, yakni travelblog.id. Saat itu travelblog.id ada ulasan perjalanan ke gunung Malangyang, di daerah Sumedang. Karena penasaran, beberapa menit saya "mengacak-acak" fitur yang ada di travelblog.id, dan saya baru tau ternyata kita bisa menjadi kontributor. Ini menjadi point plus dibandingkan travel blog yang lain, dan satu hal yang pasti adalah saya harus menjadi kontributor juga. Agar cerita perjalanan saya bisa dituliskan, yang jika sewaktu-waktu kangen bisa saya baca lagi. Tak hanya itu, saya berharap tulisan saya bisa membawa manfaat untuk pembaca yang ingin mendaki ke gunung yang pernah saya daki sebelumnya. Saya sudah menulis cerita perjalanan saya saat ke gunung Prau tahun 2014 yang lalu di travelblog.id. Jika teman-teman ingin membaca perjalanan ke gunung Prau via Patak Banteng, bisa klik disini. Sedangkan untuk cerita perjalanan ke Rinjani seperti yang sudah saya ceritakan di atas, saat ini masih dalam tahap draft dan semoga bisa segera di publish.

Mungkin ada teman-teman pendaki atau traveller yang ingin menjadi kontributor? atau sekedar ingin baca-baca sebagai bahan referensi namun masih bingung tentang apa itu travelblog.id, mari kita bahas secara detail.

TRAVELBLOG.ID ITU APA SIH?

TravelBlog.id adalah sarana web atau blog travel dan wisata yang menyediakan tempat bagi para traveller dan wisatawan untuk saling berbagi jurnal dan pengalaman. Berfungsi sebagai sarana berbagi informasi, lokasi, travel, wisata, kuliner, dan lainnya antar sesama traveller dan masyarakat online, dan gratis. Travelblog.id ini merupakan karya anak bangsa yang harus kita dukung karena memiliki komitmen untuk membantu pemerintah dalam mengkampanyekan daerah wisata di Indonesia, mengingat wisata di Indonesia begitu besar dan tidak mungkin di kampanyekan oleh pemerintah sendiri dalam hal ini Kementrian Parwisata dan Kementrian Kominfo.

Nah, setelah tahu apa itu travelblog.id, Yuk kita bahas satu-satu apa saja fitur-fitur utama dan kelebihan yang dimiliki Travelblog ID. Fitur ini terbagi menjadi 2, yakni fitur untuk pengguna dan fitur untuk pembaca

FITUR UNTUK PENGGUNA

1. Posting Artikel

Untuk bisa posting artikel pada travelblog.id, kita harus login terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, tinggal masukan email dan password sesuai saat pertama kita daftar.  Setelah login, kita akan masuk ke dalam dashboard pengguna yang berisi profil, artikel, video, point, tata cara penulisan, dan hubungi kami. Klik buat artikel, setelah itu akan muncul beberapa kolom yang wajib kita isi seperti kolom judul, ringkasan, deskripsi, lalu pilih kategori, terakhir masukan photo dan caption photo sebagai sarana pendukung artikel yang akan kita publish. Setelah semua lengkap bisa langsung klik kirim, atau jika dirasa ada yang kurang, bisa di klik tombol simpan sebagai draft yang sewaktu-waktu bisa kita edit.

2. Posting Video

Untuk posting video, terlebih dulu kita harus mengupload video kita di youtube. Link video di youtube tadi kita isikan di kolom URL youtube. Lalu isi judul, ringkasan dan deskripsi dengan minimal 300 kata, pilih kategori, ketik tanda pagar (tagar), dan terakhir masukan foto pendukung beserta captionnya. Jika dirasa sudah lengkap bisa klik tombol kirim, tetapi jika dirasa ada yang belum lengkap bisa klik tombol simpan sebagai draft untuk kemudian bisa diedit lagi.

3. Point Hadiah

Di travelblog.id, setiap kontributor yang sudah berhasil mempublikasikan sebuah artikel akan mendapatkan point. Artikel yang berhasil di publikasikan adalah artikel yang telah di review oleh tim travelblog.id. Untuk sistem pemberian pointnya, artikel yang berhasil di publish akan mendapatkan point sebesar 50, sedangkan video yang berhasil di publish akan mendapatkan point 40. Setiap artikel yang di tarik kembali karena suatu pelanggaran maka pointnya akan dikurangi 50 point, sedangkan untuk video yang ditarik lagi karena suatu pelanggaran akan di potong 40 point.

Point-point ini bisa dikumpulkan selama 1 tahun, yakni periode Januari sampai Desember. Jika sampai akhir tahun point belum ditukarkan, maka point tersebut akan hangus. Untuk penukaran point, bisa masuk ke dashboard, pilih point, lalu klik redeem point, lalu isi nama, email, no telepon, alamat, kode pos, pilih hadiah yang ingin di tukar lalu klik tombol tukar. Silahkan tunggu hadiahnya di rumah anda karena nanti akan dikirim oleh tim travelblog.id ke alamat yang telah ditulis. Sebelum menukar hadiah, pastikan bahwa point kalian mencukupi untuk ditukarkan hadiah.

FITUR UNTUK PEMBACA

6 Fitur Travelblog.id (Sumber: Dok. Pribadi)

Pada menu ini, anda akan disuguhkan artikel tentang perjalanan di beberapa tempat indah di Indonesia. Artikel-artikel ini merupakan hasil kontribusi dari para kontributor yang sudah terdaftar di travelblog.id. Pada menu ini, bisa anda jadikan referensi ketika anda ingin menghabiskan waktu libur bersama keluarga. Untuk mempermudah pencarian, pada menu ini terdapat shortlist yang bisa diatur sesuai keinginan kita, seperti artikel terbaru, kiriman menarik, artikel terpopuler, terpopuler dalam rentang 7 hari ini, dengan nilai penjualan, atau random.

Sama seperti menu jalan-jalan, pada menu kuliner ini dapat kita jumpai artikel tentang kuliner yang ada di Indonesia. Mulai dari kuliner tradisional sampai kuliner modern, mulai dari bentuk restoran sampai bentuk kaki lima. Fitur ini sangat berguna sekali, terutama untuk saya pribadi. Selama berhari-hari di atas gunung cuma mie instant saja yang saya konsumsi. Makanya, ketika sudah sampai di daratan lagi ingin sekali menguras isi perut dan kemudian ganti dengan makanan yang lebih bergizi. Tentu makanan dari daerah tersebut akan jadi prioritas saya, karena saya sangat suka makanan daerah dibandingkan makanan cepat saji yang sangat modern.

3. Tips dan Info

Sebelum memulai perjalanan, ada baiknya kamu sempatkan baca artikel yang ada pada menu tips dan trik ini. Menu ini akan sangat membantu mulai dari pra perjalanan sampai setelah perjalanan. Disini kamu bisa baca mulai dari tips merawat peralatan traveling, tips menuju lokasi, tips menghemat biaya bagasi, dan masih banyak lagi.

4. Seni dan Budaya

Mengingat Indonesia adalah negara dengan bermacam-macam budaya, tentu berkunjung ke tempat budaya di Indonesia menjadi perjalanan yang mengasyikan. Pada menu ini akan ada banyak referensi tentang tempat-tempat rekreasi seni dan budaya di Indonesia. Untuk orang yang melakukan travelling bersama keluarga, melakukan perjalanan ke tempat bersejarah akan bisa anda manfaatkan untuk mengenalkan sejarah bangsa kepada anak anda.

5. Lainnya

Pada fitur lainnya ini, akan kita temui 3 sub menu diantaranya berita, gaya hidup, dan infographic. Pada menu berita,  kita akan mendapatkan berita-berita terbaru tentang travelblog.id. Info lomba review travelblog.id ini misalnya, yang saya tahu dari menu ini. Pada gaya hidup akan kita jumpai artikel tentang gaya hidup seperti cara mengeratkan hubungan dengan pasangan saat travelling, tips memilih outfit untuk travelling, dan lain-lain. Menu infographic terdapat beberapa infographic yang bisa anda download secara gratis. Infographic ini terdiri dari beberapa macam, seperti jadwal libur selama 1 tahun. Info ini bisa dipakai untuk perencanaan jika ingin travelling, terutama bagi karyawan agar bisa mengajukan cuti jauh-jauh hari.

6. Panduan

Pada menu ini, kita akan disuguhkan tentang panduan dan ketentuan yang ada di travelblog.id. Membaca ketentuan ini akan memudahkan kita dalam membuat artikel agar tidak melanggar ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pihak travelblog.id

KELEBIHAN TRAVELBLOG.ID BAGI PENGGUNA (KONTRIBUTOR)

Kelebihan Travelblog.id untuk pengguna (Sumber:Dok. Pribadi)

1. Di Travelblog.id kita bisa membagikan pengalaman saat travelling, saat wisata kuliner, atau yang lainnya. Dengan membagikan pengalaman di travelblog.id, akan memberikan manfaat kepada pembaca yang ingin berlibur ke tempat yang pernah kita singgahi sebelumnya.

2. Tidak seperti portal berita lain yang kontributornya tidak mendapat apa-apa. Di travelblog.id, setiap kontributor akan mendapat point ketika mempublish sebuah berita yang dapat ditukar dengan peralatan tavelling yang keren-keren.

3. Untuk mengabadikan catatan perjalanan, kita tidak perlu build up sebuah web yang membutuhkan dana untuk menyewa hosting, domain, dan lain-lain.

4. Sebagai travel blog yang lengkap, pembaca tidak hanya disuguhkan berita tentang travel, tetapi mulai pra perjalanan sampai setelah perjalanan. Misalnya sebelum jalan-jalan apa yang perlu dipersiapkan, dan setelah jalan-jalan akan makan dimana.

5. User Interface (UI) yang baik karena memberikan pengalaman interaksi yang dapat dimengerti dengan mudah oleh pengguna (user friendly).

6. Pengguna bisa menambahkan lokasi dengan menyertakan map dalam artikel, sehingga lokasi wisatanya menjadi lebih akurat.

MANFAAT TRAVELBLOG.ID BAGI PUBLIK (PEMBACA)

Manfaat Travelblog.id untuk pengguna (Sumber:Dok. Pribadi)

Info travelling di portal travelblog.id dapat membantu pembaca yang ingin melakukan travelling untuk menyiapkan segalanya, mulai dari fashion yang dapat dipakai di lokasi tertentu, angkutan yang akan dipakai, biaya yang dibutuhkan, sampai mempromosikan daerah wisata yang sebelumnya belum dikenal khalayak ramai, walaupun sebenarnya daerah itu memiliki potensi untuk dikembangkan. Dengan itu, travelblog.id akan membantu meningkatkan ekonomi warga yang ada disekitar tempat wisata tersebut.

KESIMPULAN

Sebagai travel blog yang cukup lengkap, travelblog.id ikut membantu membangkitkan pariwisata di Indonesia. Sebagai upaya memajukan ekonomi kreatif, sudah semestinya kita ikut berkontribusi untuk mempromosikan wisata yang ada di Indonesia dengan menjadi kontributor di travelblog.id. Dengan begitu, ekonomi kreatif yang ada di lokasi tersebut menjadi maju, seperti lokasi wisatanya dan warga yang ada di lokasi wisata tersebut. Yuk kepoin travelblog.id, buat jadwal liburannya, kemudian nikmati keindahan alam Indonesia. Jangan lupa untuk tidak membuang sampah di lokasi wisata. Salam lestari!!!