ASUS VIVOBOOK PRO F570 MEMBANTU MEMAJUKAN USAHAKU

March 21, 2019

Sirwal / Celana di atas mata kaki salah satu produk yang saya jual (Dok. Pribadi)

Setelah hampir 11 tahun bekerja, muncul juga rasa jenuh dalam diri. Rasa jenuh ini semakin lama semakin memuncak. Ditambah karir yang stagnan, membuat saya semakin yakin untuk meninggalkan pekerjaan ini. Tetapi, untuk langsung meninggalkan pekerjaan ini saya belum berani. Takut tidak laku, takut rugi, dan ketakutan-ketakutan lain yang terus membayangi.

Sudah lama saya ingin memiliki sebuah usaha dengan merk dagang sendiri. Pakaian muslim menjadi pilihan saya. Hal ini didasari karena Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Tentu pasar yang tersedia juga sangat besar. Apalagi setelah melihat kesuksesan para pengusaha hijab yang lebih dulu terjun, membuat saya semakin yakin.



Awalnya saya ingin memberi merk dagang saya dengan nama Althaf, yang berarti anak yang lembut dan berakhlak. Tetapi, teman saya menyarankan untuk memberi nama arbain. Arbain dalam bahasa arab bermakna empat. Filosofi dari kata empat ini yaitu para Sahabat Nabi. Selain itu, nama Arbain juga sudah familiar karena banyak dipakai oleh kitab-kitab ulama terdahulu. Akhirnya saya sepakat untuk menggunakan nama Arbain Moslem Wear.

Setelah bertahun-tahun hanya menjadi angan-angan, akhirnya keinginan berwirausaha dapat terealisasi juga. Tanggal 17 Agustus 2018, menjadi awal dirintisnya usaha saya. Saat itu saya harus berkeliling Kota Bogor untuk mencari konveksi yang bisa di ajak bekerjasama. Dalam mencari konveksi ini, saya ditemani oleh teman saya yang bernama Wildan.

Sebenarnya bukan hal yang sulit untuk mencari konveksi. Namun, selain melihat kualitas jahitan, tentu saya harus mencari harga yang paling murah. Maklum, dalam dunia usaha, uang seribu rupiah juga sangat berarti. Hal ini dapat membantu produk saya untuk bersaing dengan produk pesaing.

Akhirnya saya mendapatkan konveksi yang sesuai dengan apa yang saya inginkan. Kualitas jahitan yang rapih, harga yang relatif lebih murah, dan pemilik yang ramah membuat saya tidak bisa menolak. Pemilik konveksi ini pula yang mengajarkan cara memilih bahan yang baik, memberi info tempat pembuatan hang tag, cara membuat label, dan ilmu-ilmu seputar dunia konveksi lainnya.

Setelah model dan harga telah kami sepakati, saya langsung membeli bahan. Bahan yang saya beli saat ini hanya 1 meter yang akan digunakan untuk membuat sampel. Sampel ini yang akan dilihat, apa yang perlu di perbaiki. Setelah sampel sesuai dengan apa yang saya ingini. Maka, produksi masal produk saya akan dimulai.

Setelah sampel saya setujui dengan perbaikan di beberapa titik, akhirnya produksi masal siap dijalankan. Saya mulai mencari bahan ke pasar Tanah Abang. Hal yang tidak pernah saya lakukan sebelumnya. Saya harus membandingkan harga dari satu toko ke toko yang lain, untuk mencari harga yang paling murah. Setelah dapat, saya serahkan ke konveksi untuk dijahit. 2 bulan kemudian produk saya sudah jadi dan siap untuk dijual.


LAPTOP ASUS, TEMAN MERINTIS USAHA

Saya pikir, tugas saya telah selesai ketika jahitan saya terima dari konveksi. Ternyata masih banyak yang harus saya kerjakan. Saya harus membuat business plan untuk 3 bulan hingga 1 tahun mendatang. Hal ini dibuat agar target usaha saya lebih terarah.  Hal yang sebenarnya asing untuk saya. Namun harus saya lakukan. Karena business plan ini yang membedakan antara pedagang dan pengusaha.

Dalam merintis usaha ini saya di temani oleh laptop ASUS. Laptop yang sudah tiga tahun terakhir menemani saya. Menemani membuat skripsi sampai membuat tulisan di blog pribadi saya. Saat itu saya membelinya di Harco Mangga 2, karena lokasi kantor saya tidak jauh dari situ. Saat itu saya membeli laptop ini setelah mendapatkan arisan. Maklum, namanya cowok itu sulit untuk menyimpan uang. Ikut arisan menjadi salah satu cara agar uang saya bisa terkumpul. Selain untuk membuat business plan, laptop ini memiliki tugas antara lain:

Belajar Menulis di Blog

 


Laptop saya ini dipakai untuk belajar menulis di blog. Belajar menulis di blog ini masih erat kaitannya dengan usaha yang sedang saya jalankan. Sudah satu tahun ini saya rutin mengikuti lomba blog, karena hadiah-hadiah yang ditawarkan cukup menggiurkan. Hadiah-hadiah ini yang akan saya pakai untuk mengembangkan usaha saya. Sehingga usaha saya bisa bergerak lebih cepat.

Selain hadiah, alasan saya menulis di blog karena ingin belajar menulis. Karena nantinya saya akan membuat content-content di website usaha saya. Selain itu, kemampuan menulis ini akan saya pakai untuk menulis deskripsi produk yang akan saya jual. Karena dalam sistem jual-beli online, antara penjual dan pembeli tidak saling bertemu. Maka, tulisan ini yang akan menggantikan fungsi lidah untuk menjelaskan produk yang dijual kepada pembeli, sekaligus meyakinkannya untuk membeli.

Mencari Referensi Busana Muslim Terbaru




Laptop ini saya pakai untuk browsing model-model busana muslim terbaru. Sebagai pengusaha di bidang fashion, sangat penting untuk terus mengikuti perkembangan zaman. Tidak hanya mencari referensi model busana muslim, di laptop ini pula saya belajar tentang padu padan warna. Belajar padu padan warna sangat penting agar busana yang saya keluarkan tidak terkesan norak. Sehingga produk-produk saya bisa tetap diminati konsumen.

Belajar Internet Marketing



Seiring perkembangan zaman, sebagian orang sudah beralih dari pembelian offline ke pembelian online. Untuk itu perlu belajar internet marketing. Apalagi latar belakang pendidikan saya tidak ada hubungannya dengan marketing. Padahal ilmu ini sangat dibutuhkan bagi orang yang ingin berbisnis online seperti saya.

Di internet marketing saya belajar tentang cara riset pasar. Cara meriset produk yang sedang laris saat itu. Tak hanya itu, saya juga belajar cara menganalisis pesaing, belajar menentukan harga jual yang baik, belajar promosi melalui facebook, instagram, dan youtube ads, belajar membuat content produk, dan masih banyak lagi.


Belajar Mengedit Agar Foto Produk Menjadi Lebih Menarik





Tidak seperti penjualan offline yang pembelinya dapat memegang barang yang dijual. Penjualan sistem online ini hanya bermodalkan sebuah foto. Jika foto kita bagus, ada kemungkinan angka penjualan kita tinggi. Juga sebaliknya, jika foto kita jelek, dapat membuat konsumen ogah untuk membeli.

Berhubung saya tidak punya kamera DSLR atau mirrorless, maka saat ini masih bergantung pada kamera handphone. Untuk itu, saya perlu mengedit foto produk yang saya jual agar terlihat lebih menarik. Hal yang saya lakukan adalah mengatur kontras agar gambar terlihat lebih jernih, dan mengcrop gambar dengan background warna putih.  Karena menurut yang saya pelajari, produk dengan background warna putih akan menghasilkan penjualan yang lebih tinggi dibanding background warna lainnya.


Belajar Membuat Website



Walaupun secara angka penjualan akan lebih tinggi jika melalui marketplace atau instagram, tetapi kehadiran website bagi sebuah usaha sangat dibutuhkan. Website ini berfungsi sebagai media informasi usaha, untuk konsumen mengetahui produk-produk yang saya jual. Website ini juga mampu meningkatkan kredibilitas usaha saya.

Belajar Search Engine Optimization (SEO)



Setelah membuat website, belajar SEO menjadi sebuah keharusan. SEO ini akan membuat website usaha saya ada pada halaman pertama mesin pencarian. Dengan begitu, peluang untuk mendapatkan konsumen baru akan terbuka lebar, karena website saya lebih mudah ditemukan. Jadi peluang untuk di kunjungi orang akan lebih tinggi dibandingkan website kompetitor.


LAPTOP RUSAK PERTANDA MINTA DIGANTI

 


Entah mengapa tiba-tiba laptop ASUS saya rusak. Padahal malam sebelumnya masih saya pakai untuk membuat artikel di blog pribadi saya. Setelah di cek, ternyata ada kerusakan pada motherboard yang menyebabkan laptopnya mati. Mungkin karena faktor umur dan sudah waktunya harus diganti. Setelah mencari-cari di marketplace akhirnya saya putuskan untuk membeli ASUS VivoBook Pro F570. Pemilihan ini karena ada kelebihan fitur pada VivoBook Pro F570 yang membuat saya jatuh cinta. Sebelum masuk ke pembahasan mengenai kelebihan ASUS VivoBook Pro F570, Bisa disimak dulu animasi berikut ini, ya!


Setelah menyimak animasi di atas, pasti ada teman-teman yang bertanya-tanya tentang apalagi kelebihan yang ada pada ASUS VivoBook Pro F570. Mengingat saya hanya mencantumkan 4 keunggulan utama pada video animasinya. Ini dia fitur lengkap dan kelebihan yang ada pada ASUS VivoBook Pro F570.
 

Kinerja Yang Tangguh




ASUS VivoBook Pro F570 merupakan laptop powerfull terbaru yang menggunakan prosessor AMD Ryzen. Laptop ini merupakan hasil kerjasama antara ASUS dengan AMD. ASUS VivoBook Pro F570 tersedia dalam dua varian yakni menggunakan prosessor Ryzen 5 2500U dan prosessor AMD Ryzen 7 2700U.

Kedua varian sama-sama dilengkapi dengan kartu grafis diskrit NVIDIA Geforce GTX 1050 dengan VRAM sebesar 4GB GDDR5.  Gabungan antara prosessor dan grafis inilah yang membuat ASUS VivoBook Pro F570 menjadi laptop ultrathin dengan performa terkencang.


Audio ASUS Sonic Master X Series Yang Sangat Jernih



ASUS VivoBook Pro F570 dibekali dengan audio berteknologi ASUS SonicMaster. Teknologi ini dikembangkan oleh ASUS Golden ear yang menghadirkan kualitas audio paling jernih yang pernah ada. ASUS VivoBook memiliki perangkat lunak yang disebut ASUS AudioWizard.

ASUS AudioWizard yang membuat keseimbangan audio dalam VivoBook Pro F570 menjadi ideal untuk dipakai ketika bermain games, menonton film, mendengarkan musik, atau membuat rekaman suara. ASUS AudioWizard juga menawarkan opsi pengaturan manual, sehingga kita dapat mengontrol sepenuhnya campuran audio untuk imersif penuh.


Tampilan Yang Keren Dipandang



ASUS VivoBook Pro F570 hadir dengan desain yang modern, tipis serta bobot yang ringan yakni 1,9 kg. VivoBook Pro F570 memiliki tampilan yang sporty dengan warna biru yang mengkilat di bagian logo dan pinggirannya membuat laptop ini eye catching dan elegan. Laptop ini cocok bagi anda para gamers, content creator, hingga pekerja professional yang membutuhkan laptop keren untuk dibawa berpergian.

Dilengkapi Fingerprint Sensor

 
Fingerprint sensor ASUS VivoBook Pro f570 (Sumber:ASUS)

Di ASUS VivoBook Pro F570, untuk login anda tidak perlu memasukan kata sandi karena laptop ini dilengkapi dengan sensor sidik jari dan dukungan windows hello. Jadi, untuk masuk dalam windows hanya perlu satu sentuhan. Dengan adanya fingerprint sensor ini, faktor keamanan juga akan meningkat. Dan yang lebih menyenangkan lagi, ASUS VivoBook Pro F570 sudah preinstall windows asli.

Baterai Yang Tahan Lama



ASUS VivoBook Pro F570 sudah disematkan teknologi Asus Fast Charging dimana hanya dengan 49 menit saja baterai sudah terisi 60%. Tak hanya itu, laptop ini juga dibekali dengan fitur hemat daya pintar AMD senseMI. Fitur ini bekerja menyesuaikan konsumsi daya dengan kegiatan pengguna, alhasil daya tahan baterai akan menjadi lama.

Konektivitas Yang Lengkap



ASUS VivoBook Pro F570 dibekali dengan konektivitas yang lengkap termasuk dukungan USB C 3.1 dan USB 3.1 type A sekaligus. Laptop ini juga sudah mendukung konektivitas wi-fi 802.11 ac dan bluetooth 4.2 terkini, sehingga laptop ini cepat saat digunakan untuk streaming video dan aktivitas browsing internet.

Layar Lebar Besar Dengan Full HD




ASUS VivoBook Pro F570 dilengkapi dengan layar IPS 15.6 inci resolusi Full HD 1080P. Layar ASUS VivoBook Pro F570 juga dilengkapi dengan fitur ASUS Tru2life video. Fitur ini bisa meningkatkan kualitas warna dan ketajaman video hingga 150%. Tentu ini akan memanjakan kalian yang suka streaming video atau menonton film.

Harga Yang Kompetitif



ASUS VivoBook Pro F570 telah tersedia di pasaran Indonesia dengan harga Rp 11.799.000 untuk variant Ryzen5 2500U dan Rp 13.999.000 untuk variant Ryzen 7 2700U. ASUS VivoBook Pro F570 Ryzen 7 bisa di dapatkan secara eksklusif di JD.id, berikut linknya jika teman-teman ingin membeli juga.

Via mobile site: https://m.jd.id/camp/asus-f570zd-r7591t-316210179.html atau via desktop site: https://www.jd.id/campaign/asus-f570zd-r7591t-3162.html

PENUTUP


Demikianlah sedikit cerita tentang #ASUSLaptopku dalam membantu meningkatkan penjualan usaha saya. Semoga di tahun 2019 keinginan untuk #2019GantiLaptopASUS X452E ke ASUS VivoBook Pro F570 segera terwujud. Mengingat masih banyak kebutuhan desain yang belum bisa dipenuhi oleh laptop yang sekarang. Seperti mendesain plastik kemasan, mendesain label emboss, dan masih banyak lagi.

Semoga dengan pergantian laptop ini bisa membuat kinerja saya menjadi lebih baik Sehingga produk yang saya buat lebih terkesan premium, yang akhirnya membuat angka penjualan menjadi meningkat. Akhirnya akan dapat memberdayakan karyawan, dan dapat membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran.


 

You Might Also Like

0 comments

Subscribe