INGIN MEMASANG TV KABEL DAN INTERNET MURAH NAMUN BERKUALITAS? PERHATIKAN HAL BERIKUT INI!

March 16, 2019

Menonton TV (Sumber: pinclipart.com)

Televisi merupakan media massa yang paling banyak dipakai oleh masyarakat di dunia, tak terkecuali Indonesia. Berbagai macam alasan ketika seseorang menggunakan televisi, antara lain untuk menonton berita, untuk kebutuhan hiburan, dan sebagai sarana edukasi. Saking banyaknya kebutuhan televisi dalam satu keluarga, tak heran jika dalam 1 rumah bisa terdapat 2 sampai 3 televisi.

Untuk orang dewasa, televisi digunakan sebagai ajang hiburan setelah lelah bekerja. Sedangkan untuk anak-anak, televisi digunakan sebagai media hiburan dan edukasi setelah belajar di sekolah. Channel-channel yang sering ditonton antara lain, berita, sinetron, dan olahraga.

Beberapa tahun terakhir, masyarakat mulai beralih ke internet. Selain karena infrastruktur yang sudah memadai dan harga paket internet yang relatif lebih murah, perpindahan ini juga dikarenakan kualitas tayangan televisi yang semakin buruk. Tayangan televisi hari ini hanya diisi oleh lawakan kasar, sinetron yang mengajarkan kekerasan, dan gosip yang selalu mengumbar aib seseorang.

Harusnya televisi menjadi tontonan yang berupa tuntunan. Akan lebih baik jika tayangan televisi lebih diperhatikan kualitasnya, karena televisi ditonton oleh segala usia. Teringat saat tahun 90-an dahulu. Saat itu kami masih disuguhkan tayangan yang berkualitas. Sepakbola, Badminton, Moto GP, Formula 1, dan lawakan santun masih rutin di tayangkan televisi

Tayangan-tayangan buruk ini jika dikonsumsi orang dewasa tidak akan berpengaruh. Hal ini karena mereka sudah bisa memfilter antara yang baik dan tidak. Tetapi, tayangan televisi yang buruk jika dikonsumsi oleh anak-anak akan berdampak negatif bagi tumbuh kembang mereka. Contoh nyata dari dampak televisi adalah banyaknya bully di sekolah, berantem, dan melawan pada guru dan orang tua.

Namun internet yang sekarang pun tak berbeda jauh dari televisi. Banyak content-content tak pantas yang bertebaran. Bagai dua sisi mata uang, baik televisi maupun internet memiliki dampak positif dan negatif. Tergantung akan dimanfaatkan seperti apa televisi dan internet tersebut. Jika akses internet tersebut dimanfaatkan untuk hal positif, maka hasilnya akan positif juga. Begitupun sebaliknya, jika dipakai untuk hal negatif, akan berdampak negatif pula.

Tentu kita tidak bisa memaksa seorang content creator untuk membuat program yang mendidik. Yang bisa kita lakukan adalah menjaga keluarga kita dari tayangan-tayangan yang tidak bermutu. Hal ini bisa dilakukan dengan memberi batasan dan perhatian pada tayangan yang akan dikonsumsi oleh anak.

Untuk menjaga kualitas tontonan keluarga, saya memilih untuk memasang layanan tv kabel dan internet. Karena saat ini banyak provider internet yang menawarkan paket lengkap yakni tv kabel dan internet. Penggunaan internet di rumah ini agar mudah memantau penggunaanya. Jadi, anak-anak tidak akan membuka website yang tidak sesuai untuk anak seumurannya.

Sebelum memutuskan untuk memasang tv kabel, saya sempat bingung dengan perbedaan antara tv kabel dan tv satelit. Setelah searching sana-sini, akhirnya saya tau apa perbedaannya. Berikut ini saya jelaskan sedikit perbedaan antara tv kabel dan tv satelit.





1. Perangkat Yang di Gunakan


Ada beberapa perbedaan perangkat yang digunakan antara tv kabel dan tv satelit. TV kabel menggunakan kabel coaxial dan receiver digital untuk menghantarkan jaringan. Sementara TV satelit membutuhkan receiver digital dan antena parabola untuk memperoleh jaringan digital dari satelit.


2. Kualitas Sinyal


Jika melihat dari kualitas sinyal, tentunya layanan tv satelit jauh lebih unggul, karena tv satelit hanya menggunakan sinyal digital saja. Dengan ukuran parabola yang kecil, tv satelit dapat menghasilkan gambar yang jernih. Sedangkan tv kabel, gambarnya tidak sebagus tv satelit karena menggabungkan sinyal digital dan analog. Pembagian sinyal tersebut yang membuat kapasitas kabel menjadi terbagi-bagi. 



3. Jumlah Saluran


Setiap jasa layanan tv kabel menyediakan jumlah saluran yang cukup banyak, yakni 300 channel. Sedangkan untuk tv satelit hanya mampu menanyangkan paling banyak 250 channel. Walaupun tv satelit hanya mampu menayangkan 250 channel, tetapi kualitas yang dihasilkan lebih baik dibandingkan dengan tv kabel.


4. Cakupan Penggunaan


Dari segi cakupan penggunaan, layanan tv kabel biasanya digunakan pada kota-kota besar dan di daerah perkantoran. Hal ini karena area jangkauan yang terbatas. Sedangkan untuk tv satelit, layanannya tidak terbatas area, baik di perkotaan maupun di pedesaan.


5. Penyedia Layanan


Dari segi penyedia layanan, jumlah penyedia layanan tv kabel lebih sedikit dibandingkan dengan tv satelit. Hal ini dikarenakan pengguna tv satelit terus meningkat dari waktu ke waktu. Peningkatan jumlah pengguna ini karena keunggulan tv satelit yang mampu digunakan baik di pedesaan maupun perkotaan.


6. Pemeliharaan Jaringan


Baik tv kabel atau tv satelit sama-sama memiliki full support untuk pemasangan, dan juga perawatan secara berkala untuk menjaga kualitas siaran. Akan tetapi, untuk mobilitas layanan tv satelit lebih unggul dibandingkan tv kabel. Jika kalian harus berpindah rumah, perlengkapan tv satelit dapat dengan mudah dipindahkan dan langsung berfungsi. Sementara untuk layanan tv kabel harus di install ulang sebelum di gunakan kembali. Jika saat pindah daerah rumah kamu tidak terjangkau oleh layanan tv kabel tertentu, kamu harus pindah ke penyedia jasa yang lain.


7. Harga


TV satelit dan tv kabel sama-sama menawarakan harga yang kompetitif. Namun, bila dibandingkan dengan harga tv satelit, tv kabel akan lebih murah. Jadi,  sesuaikan paket yang ditawarkan dengan budget yang kalian miliki.


Setelah yakin akan memasang tv kabel dan internet, selanjutnya saya ingin mencari tau kelebihan tv kabel dibandingkan tv gratis. Setelah membaca ulasan di blog-blog teknologi, membuat saya semakin yakin untuk beralih. Ada banyak alasan yang membuat saya ingin beralih ke layanan tv kabel. Berikut saya jabarkan 5 alasan kenapa harus pindah dari tv gratis ke tv kabel.




1. Terdapat Banyak Pilihan Channel Televisi Dari Berbagai Negara


Ada banyak pilihan channel di setiap paket yang ditawarkan oleh penyedia layanan. Untuk itu, saya bisa memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan saya. Jadi, saya dan keluarga akan mendapatkan hiburan yang tidak akan didapatkan di televisi gratis.



2. Harga Terjangkau Dengan Prosedur dan Pembayaran Yang Mudah


Semakin banyaknya penyedia layanan tv kabel, hal ini membuat mereka saling menawarkan paket harga yang murah. Selain memberi tawaran dengan harga murah, biasanya konsumen juga ditawarkan beberapa kemudahan, seperti kemudahan mengurus pemasangan dan kemudahan membayar biaya bulanan.

Untuk kemudahan pemasangan, biasanya konsumen cukup mengisi form registrasi, setelah itu teknisi akan datang untuk melakukan pemasangan perangkat dan instalasinya. Untuk kemudahan dalam pembayaran biaya bulanan, biasanya penyedia layanan sudah bekerja sama dengan pihak minimarket atau bank.


3. Banyak Pilihan Channel Mendidik


Di tv kabel saya akan mendapatkan banyak channel untuk menambah pengetahuan anak-anak. Salah satu channel yang cocok untuk anak-anak adalah National Geographic. Selain channel National Geographic, masih banyak channel-channel lain yang tak kalah bagus.



4. Terdapat Channel Khusus Untuk Anak-Anak


Layanan di tv kabel banyak channel khusus untuk anak-anak. Dengan begitu, mereka tidak akan dengan mudah menuju ke channel dewasa, ditambah adanya fitur parents lock yang bisa mengunci channel tertentu yang dianggap tidak cocok di konsumsi anak-anak.



5. Tampilan Gambar Jernih


Saya akan mendapatkan kualitas tayangan yang lebih jernih dibandingkan dengan televisi. Bahkan jika kondisi cuaca di luar sedang tidak bersahabat seperti angin yang besar atau hujan lebat. Tampilan yang jernih ini, tentu akan memberikan kepuasan tersendiri bagi saya yang menonton.



TIPS MEMILIH LAYANAN TV KABEL DAN INTERNET YANG BAIK


Jika ingin menggunakan layanan tv kabel dan internet, saya ada beberapa tips untuk memilih provider Internet dan tv kabel yang baik. Berikut ini tipsnya.




1. Reputasi Penyedia Layanan


Sebelum memilih layanan tv kabel dan internet, pastikan bahwa penyedia layanan memiliki reputasi yang baik. Reputasi ini bisa dicari melalui teman-teman terdekat, review di blog atau youtube. Semakin penyedia layanan itu dikenal orang, berarti pelayanan yang akan kita dapatkan juga baik. Kenapa? karena bagi sebuah perusahaan, nama baik itu sangat penting. Nama baik itu mereka raih dalam waktu yang relatif lama, sehingga kecil kemungkinan penyedia layanan itu akan mencoreng nama baiknya dengan memberikan layanan yang buruk.



2. Layanan Resmi


Saat akan berlangganan, harus kita pastikan apakah kita mendapat layanan resmi atau ilegal. Pastikan harga yang diberikan sales sudah sesuai dengan promo dari pihak ISP. Takutnya harga murah yang diberikan oleh sales hanya akal-akalan yang nantinya uang kita akan dibawa kabur oleh sales yang tidak bertanggung jawab.



3. Syarat dan Ketentuan


Baca dan pahami dengan seksama syarat dan ketentuan yang berlaku. Karena biasanya dalam sebuah pamflet promosi yang disebar, syarat dan ketentuan promosi di tulis dalam huruf yang sangat kecil. Hal ini akan mengecoh calon konsumen, yang akhirnya kita akan dirugikan karena fitur yang kita dapatkan tidak sesuai dengan yang diharapkan.



4. Kecepatan Internet


Umumnya dalam layanan internet kita disuruh memilih paket yang akan diambil. Di mulai dari kecepatan dan kuota yang sedikit, menengah, sampai kecepatan dan kuota yang besar. Pertama kita harus melihat siapa saja pengguna internet di rumah kita. Lalu jam berapa saja internet itu dipakai. Kalau di rumah hanya berdua saja dan adanya cuma malam hari, lebih baik pilih yang kuota sedikit. Sebaliknya jika di rumah ada istri dan anak yang ingin menikmati internet dari pagi, harus pilih paket yang kuotanya banyak. Hal ini untuk menghindari uang anda terbuang dengan sia-sia.



5. Technical Support


Technical support harus menjadi salah satu alasan ketika ingin mengambil layanan tv kabel dan internet. Technical support ini yang akan membantu jika ada kendala teknis maupun non teknis. Technical support yang baik harus tersedia selama 24 jam dalam 7 hari penuh. Tak hanya itu, usahakan cari technical support yang ramah dalam melayani keluhan pelanggan.



6. Jangkauan Layanan


Cek terlebih dahulu apakah jaringan internet dan tv kabel telah masuk ke daerahmu. Karena infrastruktur internet dan tv kabel belum masuk ke semua daerah. Untuk mengetahui, silakan cek di website penyedia layanan tersebut, atau bisa dengan menelpon bagian customer servicenya.

Setelah searching sana-sini dan melihat review dari blog ataupun youtube. Saya mantapkan hati untuk memilih groovy sebagai penyedia layanan tv kabel dan internet saya. Seperti namanya yaitu groovy atau dalam bahasa Indonesianya yaitu senang. Ada beberapa yang bikin senang jika berlangganan tv kabel atau internet di groovy. Apa saja itu? Ini dia kelebihan groovy!

You Might Also Like

0 comments

Subscribe