#MoneySmart Menginspirasi, Memberi Solusi Untuk Karyawan Yang Kekurangan Melalui Usaha Sampingan

April 13, 2019


Ingin cepat lulus dari bangku SMA adalah keinginan yang besar saat itu. Tak sabar rasanya ingin cepat bekerja, dan mempunyai penghasilan sendiri. Saya ingin membeli barang-barang yang selama sekolah tak mampu saya beli. Beli handphone, sepatu, jam tangan, dan lain sebagainya.  Pokoknya semua harus bermerk dan original.

Setelah masuk dunia kerja, ingin rasanya kembali ke masa sekolah. Dunia kerja ternyata tak seenak yang dibayangkan. Capek dan lelah sudah pasti dirasakan. Ditambah gaji yang diterima hanya pas-pasan. Angan-angan ingin merasakan sedikit hedonisme, tak pernah saya rasakan sampai saat ini. Jangankan membeli barang bermerek atau investasi, untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri untuk satu bulan saja masih ngos-ngosan.

Ada sedikit kebahagiaan yang dirasakan ketika tanggal 25. Tanggal dimana saldo rekening bertambah. Namun sayangnya, saldo ini hanya mampu bertahan satu hari. Karena keesokan harinya, uang ini sudah berpindah tempat. Uang ini akan dipakai untuk membayar biaya bulanan seperti kontrakan, air, atau listrik. Sehingga hanya tersisa sedikit untuk mengarungi hidup di bulan depan.

Kalau boleh meminjam pepatah lama, kehidupan saya ini ibarat gali lubang tutup lubang. Gaji yang tersisa hanya mampu mencukupi sampai tanggal 17. Masih ada waktu satu minggu lagi sebelum gaji bulan depan masuk ke rekening. Tidak ada cara lain kecuali pinjam teman atau orang tua, dan akan saya bayar ketika gaji sudah saya terima.

Keadaan ini terulang setiap bulannya. Tak nyaman tentunya. Untuk memenuhi kebutuhan diri saya sendiri saja, gaji saya tidak cukup. Bagaimana ketika saya sudah memiliki istri dan anak nanti. Sepertinya saya harus mencari usaha sampingan agar kebutuhan saya dapat tercukupi. Bukan hanya tercukupi, tetapi harus ada lebih, agar ada uang yang bisa saya tabung untuk masa depan.


CARI SAMPINGAN UNTUK MENAMBAH PENGHASILAN



Tanpa sengaja saya melihat sebuah postingan tentang lomba blog di instagram yang hadiahnya cukup menggiurkan. Lalu saya stalking untuk melihat postingan dari akun tersebut. Ternyata, akun itu khusus untuk menginfokan lomba blog yang banyak diselenggarakan, entah oleh korporasi atau pribadi. Saya baru tau ternyata ada dunia tulis menulis seperti ini. Karena penasaran, saya mencoba telusuri para blogger yang menjadi langganan juara. Ternyata, ada yang bisa sampai membeli rumah. "Wah, menarik juga untuk dijadikan usaha sampingan", ungkap saya dalam hati.

Makanya, sejak akhir 2017 yang lalu, saya selalu rutin mengikuti lomba blog sebagai usaha sampingan saya. Selain lomba blog, saya juga sedang merintis usaha pakaian muslim. Pakaian muslim ini saya beri nama Arbain Moslem Wear. Pakaian muslim ini saya buat di sebuah konveksi di daerah Bogor. Untuk metode penjualannya melalui marketplace dan instagram.

Sejauh ini, kedua usaha sampingan dan pekerjaan utama dapat dilakukan secara beriringan, tanpa mengganggu satu sama lain. Alhamdulillah, secara finansial cukup terbantu dengan usaha sampingan ini. Yang awalnya ketika tanggal 17, saya sudah cukup pusing mencari pinjaman ke teman atau orang tua. Sekarang sudah tidak lagi.

Banyak teman-teman yang lebih dulu terjun ke dunia usaha, menyarankan agar saya segera resign dari kantor saya saat ini. Menurut mereka, usaha akan lebih maksimal jika dilakukan secara total. Berbanding terbalik dari pandangan mereka, saya justru menganggap tidak apa-apa jika sebuah usaha dijalankan secara sampingan dulu. 


Keyakinan saya ini bukan tanpa alasan. Menurut halaman yang saya baca di smartmoney, ada beberapa perusahaan besar yang ketika awal dirintis hanya sebagai usaha sampingan, namun kini menjadi perusahaan besar yang terkenal di dunia. Perusahaan itu antara lain, Apple, Under Armour, Instagram, dan Groupon. Bagi teman-teman yang penasaran dengan kisah mereka, bisa baca disini.

Sepertinya saya akan mengikuti jejak mereka. Untuk sekarang, usaha ini tetap menjadi usaha sampingan saya. Kecuali kalau omset usaha sampinganya sudah mampu menutupi kebutuhan bulanan saya dan keluarga, baru saya akan resign dari kantor dan fokus menjalankan usaha.

TRIK BIAR USAHA SAMPINGAN GAK GANGGU KERJA


Saya ingin berbagi sedikit tips untuk anda yang ingin memulai usaha sampingan tanpa mengganggu pekerjaan. Saya biasa mengerjakan pekerjaan kantor secepat mungkin, sehingga tidak ada pekerjaan yang dibawa ke rumah. Sehingga, waktu yang tersisa bisa saya manfaatkan untuk mengurus usaha sampingan saya. 

Selain itu, manfaatkan waktu istirahat kerja sebaik mungkin. Dalam waktu 1 jam, usahakan agar makan, sholat, dan packing pesanan konsumen bisa dilakukan. Setelah selesai jam kerja, anda bisa mampir sebentar ke tempat ekspedisi untuk mengirim pesanan konsumen anda. Dengan begitu, anda bisa menjalankan usaha sampingan tanpa menggangu pekerjaan utama anda.

Untuk pertama kali, usahakan fokus pada satu jenis usaha sampingan saja. Hal ini dimaksudkan agar anda bisa total dalam mengerjakannya. Hal ini bukan tanpa alasan. Sekitar beberapa tahun yang lalu, saya menjalankan beberapa usaha sampingan sekaligus, dan akhirnya gagal. Seorang sesepuh di tempat saya tinggal saat itu berkata,"sebanyak-banyaknya piring yang dilempar ke atas, berapa banyak yang bisa kamu pegang, paling dua kan? jika kamu paksakan untuk ambil banyak, yang ada kamu tidak akan mendapatkan sama sekali".

Setelah saya cermati, ada benarnya juga ucapan sesepuh itu. Makanya, sekarang saya cuma menjalankan usaha sampingan hanya 2. Tetapi jika anda merasa sanggup untuk menjalankan usaha sampingan lebih dari 2, silakan saja.


BEBERAPA PEKERJAAN SAMPINGAN KEKINIAN YANG PUNYA CUAN CUKUP BESAR



Jika anda tertarik untuk menjalankan usaha sampingan namun masih bingung untuk menjalankan usaha apa? Saya memiliki beberapa rekomendasi usaha sampingan yang cukup ngetrend di tahun 2019. Untuk persoalan pendapat yang bisa diraih, tidak kalah bahkan bisa melebihi gaji anda di kantor selama 1 bulan. Apa saja ide usaha sampingannya. ini dia ulasannya.



1. Penulis Artikel


Di era digital seperti sekarang ini, kebutuhan akan penulis artikel atau content writer sangat tinggi, karena banyak perusahaan digital yang baru bertumbuh. Ada beberapa portal berita yang memberikan kesempatan seorang penulis artikel untuk menjadi kontributir dengan memberikan imbalan berupa uang, handphone dan barang-barang lainnya. Hal ini tentu bisa anda manfaatkan.

Selain menjadi kontributor di portal berita, anda juga bisa mengikuti lomba blog yang sering diadakan baik oleh korporasi ataupun individu. Untuk pertama memulai, anda bisa menggunakan domain dan hosting gratis seperti blogger atau wordpress. Setidaknya jika anda belum menang lomba, mungkin ada produsen yang minta di review produknya oleh anda. Sehingga anda akan mendapatkan penghasilan dari review produk tersebut.

2. Konsultan Digital Marketing

Selain membutuhkan seorang content creator, sebuah perusahaan umumnya juga membutuhkan tenaga konsultan digital marketing. Kebutuhan yang dibutuhkan misalnya SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), Facebook, Youtube, atau Instagram ads. Hal ini dibutuhkan perusahaan untuk melejitkan omset usaha mereka. Dengan munculnya website mereka pada halaman pertama mesin pencarian, automatis akan lebih punya peluang untuk dilirik pembeli.

3. Pengajar Online

 

Zaman sekarang banyak perusahan start up yang berfokus pada dunia pendidikan. Umumnya mereka mempertemukan antara siswa yang berminat untuk belajar dengan tenaga pengajar. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan uang dari mengajar. Selain uang, anda akan mendapat pahala yang terus mengalir. Karena dalam agama Islam, salah satu pahala yang terus mengalir sampai kita meninggal yaitu ilmu yang bermanfaat.

4. Fotografer


Pekerjaan sebagai fotografer tidak ada matinya. Pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang tidak pernah tergerus zaman. Jika anda tertarik namun masih awam dengan dunia ini. Jangan khawatir, karena banyak fotografer professional yang membagikan ilmunya secara gratis di channel youtube mereka.

Kemampuan fotografi ini bisa anda gunakan sebagai wedding fotografer, travel fotografer, atau foto produk untuk berjualan di marketplace. Melihat jumlah penjual produk di marketplace sangat banyak, automatis peluang usaha sampingan ini juga terbuka lebar. Setelah mendapatkan penghasilan, jangan lupa sisihkan sedikit untuk upgrade kamera, karena perkembangan kamera begitu pesat

5. Video Editor


Selain fotografi, videografi pun tak kalah "seksi" untuk dijadikan usaha sampingan. Ada banyak pekerjaan yang membutuhkan seorang video editor. Misalnya content creator youtube, wedding video, dan lain-lain, yang penghasilannya cukup menjanjikan.

Jika tidak mengerti tentang dunia video editing, jangan khawatir, karena sudah banyak video tutorial cara edit video di youtube. Mulai dari adobe premiere, filmora dan software edit video lainnya. Untuk pertama, bisa pakai notebook standard dulu, jika sudah ada job dan dana untuk upgrade notebook, baru bisa diganti.

6. Selebriti Internet


Seiring meningkatnya infrastruktur dan murahnya tarif internet, membawa berkah untuk sebagian orang. Anda bisa mencari usaha sampingan seperti menjadi selebgram dan youtuber. Bukan hanya sampingan, pekerjaan ini bahkan bisa menjadi penghasilan utama. Mengingat penghasilannya bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan.

Anda cukup upload foto di instagram dengan poto yang instagramable. Jika follower anda banyak, automatis akan banyak produk yang akan mengendorse anda. Jika jadi youtuber, anda cukup mengupload video yang cukup menarik. Pilih tema yang sesuai dengan minat anda, atau yang anda kuasai. Jika sudah di monetize, anda akan mendapat penghasilan sampingan dari google adsense.

PENUTUP


Tidak semua usaha sampingan membutuhkan dana yang besar, melainkan banyak juga yang hanya modal sedikit, atau tanpa modal. Jadi, hentikan keluhan kalian, karena mengeluh tidak akan merubah nasib kalian. Kalian bisa membaca-baca artikel di smartmoney sebagai tambahan referensi, setelah itu, segeralah bertindak. Dan yang paling penting, jangan lupa berdoa agar usaha kalian dimudahkan oleh-Nya.

*Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog #MoneySmartMenginspirasi 

Referensi:
https://www.moneysmart.id/pekerjaan-sampingan-hasilkan-brand-ternama/
https://www.moneysmart.id/cari-kerja-sampingan-ini-trik-biar-gak-ganggu-tugas-kantor/
https://www.moneysmart.id/kerja-sampingan-yang-bakalan-laris-manis/

You Might Also Like

0 comments

Subscribe