BOSAN JADI PEGAWAI? JUALAN ONLINE AJA DI BLIBLI.COM !!!

July 30, 2019

Sirwal Arbain Slim Fit, Slah satu produk jualan saya (Dok.Pribadi)

Bosan jadi pegawai adalah kalimat yang terus terngiang dalam benak saya. Berangkat pagi pulang malam adalah rutinitas setiap hari, dan itu sangat menjemukan bagi saya. Sejak dahulu, saya memang ingin memiliki usaha sendiri. Namun karena ketiadaan modal, terpaksa saya harus menjalani karir sebagai pegawai terlebih dahulu untuk mencari tambahan modal.

Akhirnya, bulan Agustus tahun 2018 yang lalu, impian memiliki usaha dapat terealisasi juga. Pakaian muslim adalah jenis usaha yang saya pilih. Usaha saya ini saya beri nama "Arbain Moslem Wear." Trend hijrah dikalangan pemuda menjadi latar belakang saya menggeluti usaha ini.

Tentu terasa sangat sulit ketika awal merintis usaha ini. Hal ini karena saya tidak pernah berjualan sebelumnya, dan latar belakang pendidikan saya pun tidak sesuai dengan usaha yang saya jalani saat ini. Namun saya tetap optimis bahwa saya bisa menjalani usaha ini dengan baik.

Untuk penjualannya, saya hanya berjualan offline dari teman ke teman. Dengan bantuan dari beberapa teman yang menawarkan diri menjadi reseller, saya dibantu untuk memasarkan produk saya. Alhamdulillah, ada peningkatan penjualan walau belum memuaskan. Ada teman yang menyarankan untuk berjualan secara online, namun belum saya lakukan hingga saat ini.

Banyak faktor yang membuat saya belum memasarkan produk saya secara online. Ketiadaan studio foto salah satu alasan saya belum berjualan secara online. Kualitas foto tentu menjadi daya tarik utama dalam sistem jual-beli online. Dan saya berfikir, daripada modal saya dihabiskan untuk membeli kamera atau membayar jasa studio foto, lebih baik modalnya saya putar untuk menambah varian produk saya.

Tepat akhir bulan lalu, ada salah satu reseller yang merekomendasikan untuk berjualan di Blibli.com. Menurut ia, ada banyak kelebihan yang Blibli.com tawarkan kepada penjual, dan salah satunya adalah fasilitas foto produk gratis. Tentu ini adalah tawaran menggiurkan untuk saya, karena layanan ini yang memang saya butuhkan. Tanpa berfikir panjang, segera saya kunjungi website Blibli.com untuk mencari tau, apa saja kelebihan yang saya dapatkan jika berjualan di Blibli.com. Dan inilah kelebihan berjualan di Blibli.com.

Kelebihan Berjualan di Blibli.com

 

Ada 8 kelebihan yang didapatkan jika kita berjualan di Blibli.com

1. Keluasan Pilih Kategori

Kalian ingin berjualan pakaian muslim seperti saya? Atau ingin berjualan gadget? Tenang saja, kamu bisa berjualan produk yang diingini karena berjualan di Blibli.com tersedia 16 kategori yang bisa kamu pilih. 16 kategorinya antara lain: Handphone, Tablet & Wearable Gadget, Kamera,Komputer & Laptop, Peralatan Elektronik, Fashion Pria, Fashion Wanita, Kesehatan & Kecantikan, Ibu & Anak, Olahraga & Aktivitas Luar Ruang, Tiket & Voucher, Home & Living, Mainan & Video Games, Otomotif, BlibliMart, dan Kreasiku.


2. Gratis Foto Produk

Dalam sistem penjualan online, kualitas foto memiliki peranan yang penting. Hal ini karena dalam sistem jual-beli online, pembeli tidak dapat memegang dan melihat kualitas barang secara langsung. Jika foto produk kita bagus, ada kemungkinan penjualan kita akan tinggi. Juga sebaliknya, jika foto produk kita kurang baik, akan membuat hasil penjualannya pun kurang baik.

Blibli.com memberikan layanan kepada penjual berupa foto produk secara gratis. Tentu hal ini akan sangat menguntungkan, terutama untuk para penjual dengan modal yang minim. Dengan layanan ini, tentu uang yang harusnya dipakai untuk membeli kamera atau membayar jasa foto produk, bisa digunakan untuk memperluas usaha.


3. Gratis Kemasan

Kemasan dalam sistem penjualan online memiliki peran yang cukup penting. Banyak kejadian pembeli memberikan rating yang buruk hanya karena kemasan yang dianggap kurang baik. Apalagi jika kemasan yang kita pakai tidak sesuai dengan barang yang dikirim, sehingga mengakibatkan barang yang  kita kirim menjadi rusak. Sudah pasti rating produk kita akan buruk, sehingga membuat orang lain takut untuk membeli produk kita.

Namun jika kita berjualan di Blibli.com, mereka memberikan layanan gratis kemasan untuk produk kita berupa box. Kemasan yang dibuat pun cukup safety, sehingga produk kita akan tetap baik ketika barang tersebut diterima oleh pembeli. Sehingga rating produk kita akan baik, yang akhirnya berdampak pada keyakinan pembeli lain untuk membeli produk kita.


4. Gratis Biaya Kirim

Blibli.com memberikan layanan gratis ongkos kirim kepada penjual untuk pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia. Namun, untuk gratis pengiriman ini hanya berlaku untuk produk reguler. Semua ongkos kirim yang penjual bayarkan kepada jasa pengiriman, akan diganti oleh Blibli.com bersamaan dengan pembayaran rekonsiliasi dana pesanan pada periode berikutnya.


5. Kemudahan Proses Pengiriman

Blibli.com telah bekerjasama dengan lebih dari 30 logistik di seluruh Indonesia. Hal ini tentu memberikan kemudahaan tersendiri bagi penjual yang berada di daerah pedalaman yang tidak bisa digapai oleh semua logistik. Dengan begitu, produk yang dijual dari daerah manapun, akan dapat dikirim ke daerah manapun.


6. Asuransi Pengiriman Produk

Produk yang dikirim Blibli.com akan dilindungi oleh asuransi sehingga terjamin keamanannya. Jadi, tidak akan ada cerita komplen dari pembeli mengenai barang tidak sampai atau rusak, karena jika hal itu terjadi, akan dapat pengganti dari asuransi tersebut, sehingga kualitas layanan yang kita berikan ke pembeli akan terjaga.


7. Layanan Merchant Care

Punya keluhan saat berjualan di Blibli.com? Jangan khawatir, karena Blibli.com menyediakan layanan Merchant Care untuk membantu masalah yang dialami penjual. Call center ini akan bekerja 24 jam. Jadi, akan sangat nyaman berjualan di Blibli.com

 

8. Terdepan Dalam Inovasi In Store

Blibli.com menyediakan layanan khusus bagi merchant agar menjual produk offline dengan menikmati pembayaran online.

 

Fasilitas Tambahan Berjualan di Blibli.com

 


Selain 8 kelebihan yang telah saya uraikan di atas, ada tambahan fasilitas lain yang akan didapatkan jika berjualan di Blibli.com, yakni Blibli University dan Komunitas Blibli seller. Di Blibli university, penjual akan diajarkan cara berjualan online, hingga cara mengembangkan usaha melalui artikel atau video.

Sedangkan di komunitas Blibli, penjual dapat mengembangkan koneksi dan saling bertukar pikiran dengan penjual lain agar dapat mengembangkan bisnisnya. Jadi, jika ada penjual yang angka penjualannya masih rendah, dapat meminta tips kepada penjual lain yang angka penjualannya sudah tinggi.

Cara Berjualan di Blibli.com

 

Jika ada teman-teman yang tertarik berjualan di Blibli.com juga, caranya cukup mudah. Ada 4 prosedur yang harus dilalui, antara lain:
 

1. Buka Toko

Sebelum mendaftar, ada baiknya persiapkan dahulu dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar seperti KTP dan NPWP. Setelah dokumen siap, lalu klik tombol "daftar sebagai penjual," lalu isi data, kemudian aktivasi kode OTP yang dikirimkan pihak Blibli.com. Setelah itu semua selesai, tinggal tunggu persetujuan Blibli.com, maksimal 2 x 24 jam. Jika sudah disetujui, anda sudah bisa mulai berjualan.

 

2. Upload Produk

Setelah toko berhasil dibuka, segera upload produk kalian secara satu persatu atau secara masal. Gunakan data produk yang sudah terdaftar agar produk dapat cepat tampil. Gunakan foto produk yang baik untuk meningkatkan keyakinan calon pembeli terhadap kualitas produk yang kita jual.

 

3. Respon Pesanan

Jika ada pembeli yang terkonfirmasi, pihak Blibli.com akan mengirimkan email dan sms kepada penjual. Segera penuhi pesanan yang dipesan pembeli, lalu input no resi. Untuk pengiriman dan penginputan nomor resi, penjual diberikan waktu 2 hari sejak pembayaran di verifikasi, dan ini tidak termasuk hari sabtu/minggu/libur.

 

4. Terima Pembayaran 

Setelah produk diterima pembeli, pembayaran akan dikonfirmasi ke penjual oleh pihak Blibli.com. Untuk pembayarannya sendiri akan dilakukan seminggu sekali, dan dana hasil penjualan kita akan masuk ke dalam rekening yang telah didaftarkan.

 

Ayo Berjualan di Blibli.com dan Raih Untung Ga Tanggung-Tanggung

Bagi teman-teman yang sudah bosan menjadi pegawai seperti saya, jualan aja di Blibli.com. Banyak kemudahan bagi penjual yang Blibli.com tawarkan. Selain itu, Blibli.com merupakan e-commerce yang sangat terkenal dengan pembeli dari sabang sampai merauke. Dengan begitu, hampir dipastikan dengan berjualan di Blibli.com, penjualan kita akan tinggi, sehingga untung yang diraih juga ga tanggung-tanggung. Jika usaha kita maju dan mampu mempekerjakan karyawan. Maka, kita dapat membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran.

Untuk yang masih ragu, bisa disimak kisah sukses dari penjual di Blibli.com berikut ini.




You Might Also Like

0 comments

Subscribe