INSTO DRY EYES UNTUK MENGOBATI MATA KERING AKIBAT TERLALU LAMA BEKERJA DAN BERMAIN GAME

July 16, 2019

insto dry eyes
bye mata kering

Bye Mata Kering! - Sebagai karyawan di salah satu perusahaan di Jakarta, selama 10 jam lamanya saya harus berada di depan komputer. 10 jam ini dihitung dengan intensitas kerja yang normal, dan semua pekerjaannya dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Bagaimana kalau intensitas pekerjaan sedang tinggi? Tentu lebih lama lagi saya harus berada di depan komputer. Walau tubuh dan mata terasa amat lelah, semua pekerjaan ini harus tetap diselesaikan mengingat pekerjaan ini sudah menjadi tanggung jawab saya.

Walau tubuh dan mata terasa amat lelah ketika pulang bekerja, selalu saya sempatkan waktu untuk menulis di blog pribadi saya. Baik menulis untuk bercerita pengalaman yang pernah saya alami, atau menulis untuk membuat artikel yang akan diikutsertakan dalam lomba. Setelah terasa lelah dan tak mampu lagi untuk mengetik, akan saya hentikan kegiatan tersebut, dan memilih untuk segera beristirahat.

Ketika beristirahat pun bukan berarti tanpa kegiatan, karena biasanya sekitar pukul 9 malam, ada teman-teman yang mengajak bermain game online. Bermain game online ini saya manfaatkan untuk bersilaturahmi, karena selama ini kami jarang bertemu karena kesibukan masing-masing. Durasi bermain game online sekitar 2 jam, dan biasanya saya lanjutkan dengan menonton video di youtube sebagai pengantar tidur. Jangan tanya apakah mata saya lelah atau tidak? Karena sudah pasti lelah, dan tak jarang sampai tertidur saat sedang menonton video ini.


Mata Kering Membuat Aktifitas Terganggu

Rutinitas ini berjalan setiap hari. Tak jarang rutinitas harian saya ini membuat mata saya menjadi sakit. Mata kering, mata sepet, mata pegel, mata perih, dan mata lelah adalah hal lumrah yang sering saya alami. Semula saya biarkan saja, namun mata kering ini cukup mengganggu aktifitas harian saya.

Dalam pekerjaan misalnya, mata kering ini cukup mengganggu karena saya tidak dapat berkonsentrasi saat bekerja. Setiap melihat layar komputer, rasanya mata saya berat dan sangat amat silau. Tak jarang membuat kepala ikut menjadi sakit. Akhirnya, pekerjaan saya tidak dapat diselesaikan tepat pada waktunya.

Sedangkan dalam perjalanan pulang dan pergi kerja. Mata kering ini cukup mengganggu karena pandangan saya menjadi silau tatkala melihat lampu kendaraan yang berjalan dari arah berlawanan. Tentu hal ini tidak bisa didiamkan, karena dapat menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas yang akhirnya dapat mengancam jiwa saya.


Mengenal Mata Kering

Mata kering atau yang dalam bahasa kedokteran  disebut keratoconjuctivitis sicca adalah kondisi dimana mata tidak dapat atau kurang banyak mengeluarkan air mata. Biasanya kondisi mata kering ini diakibatkan karena terlalu lama di depan tv, gadget, atau layar monitor. Selain itu, kondisi mata kering juga dapat diakibatkan oleh pendingin ruangan, lensa kontak, kurang tidur, stress, dan debu.

Jika dibiarkan, kondisi mata kering dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi mata akibat kekurangan air mata. Dan jika dibiarkan terus menerus tanpa pengobatan, akan membuat permukaan kornea terluka, yang akhirnya dapat mengganggu penglihatan bahkan dapat menyebabkan kebutaan.


Penyebab Mata Kering 

penyebab mata kering
Penyebab Mata Kering

Secara garis besar, ada tiga faktor yang menjadi penyebab mata kering, yaitu:

Pertama, karena produksi air mata berkurang (aqueous deficient dry eye). Penurunan produksi air mata  terjadi karena penurunan produksi komponen aqueous yang disebabkan autoimmune, faktor umum, ataupun faktor penyakit tertentu. Penyakit-penyakit yang dapat menyebabkan produksi air mata berkurang antara lain: lupus, gangguan hormon tiroid, atau kekurangan vitamin A.

Kedua, karena air mata lebih cepat menguap (evaporative dry eye).  Penguapan air mata lebih cepat karena diakibatkan ketidakstabilan lapisan minyak air mata atau faktor eksternal lainnya. Selain itu, kondisi ini juga dapat disebabkan karena cuaca, jarang berkedip saat membaca atau bekerja di depan layar komputer, atau karena kondisi kelopak mata yang berbalik ke luar.

Ketiga, komposisi air mata tidak seimbang. Air mata terdiri dari tiga komponen, yaitu air, minyak, dan lendir dengan komposisi tertentu. Jika komposisi ini berubah misalnya karena gangguan kelenjar Meibom (Meibomian Gland Dysfunction), maka akan menyebabkan mata menjadi kering. Kelenjar Meibom ini memiliki peran dalam menghasilkan minyak dalam air mata.


Gejala Mata Kering

gejala mata kering sepet pegel perih
Gejala Mata Kering
Dari kejadian mata kering yang saya alami, ada beberapa gejala yang saya derita, antara lain:

1. Mata Sepet


Saat itu mata saya terasa amat sepet. Mungkin sulit untuk dijabarkan, yang pasti mata saya tidak enak dipakai untuk melihat, apalagi untuk menatap layar komputer atau telepon genggam. Dan awalnya saya berpikir mata saya hanya lelah karena terlalu lama menatap layar komputer, sehingga mata saya minta diajak beristirahat sejenak. Namun, setelah rehat sejenak dari pekerjaan pun, kondisi mata saya tidak membaik. Akhirnya mencoba membaca-baca artikel yang ada di internet, dan ternyata baru tau kalau mata sepet adalah gejala mata kering.

2. Mata Pegel


Gejala lain yang saya alami adalah mata saya terasa pegel. Saat jam kerja dan harus menatap layar komputer, mata saya terasa berat. Padahal saat itu masih cukup pagi, dan harusnya kondisi mata sedang dalam kondisi segar karena habis diajak beristirahat, tetapi entah mengapa mata ini rasanya lelah dan berat.


3. Mata Perih


Gejala terakhir yang saya alami adalah mata saya terasa perih. Rasanya seperti ada benjolan di mata saya. Selain itu, terlihat dengan jelas bahwa mata saya berwarna agak kemerahan, dan ketika melihat cahaya, baik cahaya matahari atau cahaya dari LCD monitor terasa silau.

Setelah membaca di portal-portal kesehatan yang ada, baru saya ketahui bahwa gejala yang saya alami adalah gejala mata kering. Bagi teman-teman yang merasakan hal yang sama seperti saya, yakni mata sepet, pegel, dan perih, harus segera disadari bahwa teman-teman menderita mata kering seperti saya, dan harus segera di ambil tindakan untuk mengobatinya. Untuk saya pribadi, ada beberapa cara yang saya gunakan untuk menyembuhkan penyakit mata kering ini, yakni istirahatkan mata, tidur yang cukup, dan gunakan tetes mata untuk mata kering.


Insto Dry Eyes, Solusi Untuk Mata Kering

 
pakai insto dry eyes
Pakai insto dry eyes untuk mata kering

Obat tetes mata yang saya gunakan adalah Insto Dry Eyes. Insto Dry Eyes digunakan sebagai pelumas untuk menggantikan air mata, dimana memiliki kegunaan untuk mengatasi gejala mata kering dan iritasi yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata. produk ini saya tahu dari layanan iklan di televisi. Ketika itu, saya memang sedang mencari produk yang dapat mengatasi mata kering akibat terlalu sering menatap layar komputer dan telepon genggam. 


Insto Dry Eyes: Kemasan Yang Menarik, Ukuran Yang Ringkas, dan Harga Yang Ekonomis

insto dry eyes
insto dry eyes
Kemasan Insto Dry Eyes ini berwarna hijau muda, kombinasi putih dan biru. Pada bagian depan kemasannya tertulis jelas "Insto Dry Eyes" dan " Tetes Mata Steril, Mengatasi Gejala Mata Kering," dengan gambar mata untuk mempermudah konsumen yang hendak membeli. Di dalam kemasan ini hanya terdapat obat tetes matanya saja. Lalu untuk petunjuk pemakaiannya bagaimana? Jangan khawatir, karena sudah dicantumkan cara pemakaiannya di sebelah samping dus kemasannya.

Insto Dry Eyes ini tersedia dalam ukuran 7,5 ml. Jadi, sangat amat praktis untuk dibawa kemana-mana. Walaupun ukurannya kecil, namun Insto Dry Eyes dapat digunakan berkali-kali. Untuk harganya sendiri, saat saya membeli harganya sekitar 13 ribu rupiah. Tentu harganya bisa berbeda-beda tergatung penjual, dan kota tempat penjualannya. Insto Dry Eyes ini mudah didapatkan di toko-toko di sekitar anda, seperti retail, toko obat dan kosmetik, atau warung-warung kelontong di sekitar kita. 



Tekstur Insto Dry Eyes Berbentuk Cairan

 

Tekstur Insto Dry Eyes ini berbentuk cairan bening layaknya air mineral yang biasa kita konsumsi. Tidak berbau dan tidak membekas. Saat cairan Insto Dry Eyes ini di masukkan ke mata, ada rasa dingin yang terasa di mata. Jadi, menggunakan Insto Dry Eyes ini sangat mudah dan tidak menyiksa.


Cara Pakai Insto Dry Eyes

pakai insto dry eyes
Pakai insto dry eyes

 

Cara penggunaan Insto Dry Eyes sangat mudah dan praktis. Tinggal buka tutup botolnya, lalu teteskan 1 sampai 2 tetes ke setiap mata. Gunakan Insto Dry Eyes secara rutin 3 kali sehari, setelah itu tinggal tunggu hasilnya. 


Hasil Pemakaian Insto Dry Eyes

hasil insto dry eyes
Hasil pemakaian insto dry eyes

 

Setelah pemakaian beberapa kali, gejala-gejala mata kering seperti mata kering, mata sepet, mata pegel, mata perih, dan mata lelah tidak pernah lagi saya rasakan. Sekarang saya sudah bisa menatap layar komputer dan gadget dalam waktu yang lama. Sekarang, saya sudah bisa fokus menjalankan aktifitas kantor, yang dengan begitu dapat membantu saya meraih puncak tertinggi dalam karir saya. Pokoknya puas banget!


Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Akan Menggunakan Insto Dry Eyes

insto dry eyes untuk mata pegel-sepet-kering
Hal yang harus diperhatikan

 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan menggunakan Insto Dry Eyes ini, antara lain:
 
  • Jangan dipakai setelah dibuka 1 bulan.
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak.
  • Setelah habis digunakan, tutup rapat kembali untuk menghindari pencemaran.
  • Jangan digunakan apabila larutan berubah warna atau keruh.
  • Hentikan pemakaian dan konsultasikan dengan dokter bila terjadi iritasi.
  • Alat tetes tidak boleh menyentuh mata atau permukaan yang lain untuk menjaga sterilitas.
Dan informasi yang tidak kalah penting untuk diketahui.  Insto Dry Eyes ini mengandung pengawet Benzalkonium klorida, sehingga tidak disarankan untuk penggunaan secara jangka panjang dan secara rutin, karena dapat menyebabkan kerusakan pada selaput mata.

 

Rating

Kemasan    ⭐⭐⭐⭐⭐
Komposisi  ⭐⭐⭐⭐⭐
Harga           ⭐⭐⭐⭐⭐
Hasil             ⭐⭐⭐⭐⭐

Total 5/5 (Recommended)


Penutup 

Selama penggunaan Insto Dry Eyes ini, saya merasa cukup puas! Mata kering, mata sepet, mata pegel, mata perih, dan mata lelah yang selama ini hinggap, kini sudah tidak lagi saya rasakan. Sekarang, saya bisa bekerja dengan fokus, dan siap meraih karir tertinggi dalam hidup saya. Rasanya ingin selalu berkata "bye mata kering." Untuk teman-teman yang mengalami masalah mata kering yang sama seperti yang saya alami, buruan gunakan Insto Dry Eyes sekarang juga!




#Artikel ini diikutsertakan dalam Insto Dry Eyes Blog Competition

You Might Also Like

0 comments

Subscribe