WARUNG TRADISIONAL SEMAKIN MAJU DAN KOMPETITIF DENGAN APLIKASI KUDO

September 19, 2019




Dari Rafi’ bin Khadij ia berkata, ada yang bertanya kepada Nabi: ‘Wahai Rasulullah, pekerjaan apa yang paling baik?’. Rasulullah menjawab: “Pekerjaan yang dilakukan seseorang dengan tangannya dan juga setiap perdagangan yang mabrur (baik)” (HR. Al Baihaqi).

***

Setelah 11 tahun bekerja di perusahaan retail di Jakarta, akhirnya saya putuskan untuk berhenti. Karir yang stagnan dan jenuh akan rutinitas yang itu-itu saja menjadi beberapa alasan. Rencananya, saya ingin memulai pengalaman baru sebagai pedagang. Dengan modal uang hasil pesangon, saya beranikan diri membuka usaha warung kelontong.

Membuka warung kelontong menjadi pilihan karir saya selanjutnya. Banyak alasan yang membuat saya memilih jenis usaha ini. Pengalaman di salah satu perusahan retail yang cukup terkenal menjadi alasan terbesar. Selain itu, membuka usaha warung kelontong merupakan jenis usaha yang mudah dijalankan, walau oleh orang awam yang tak pernah berdagang sekalipun.

Modal untuk membuka warung kelontong dapat diatur besarannya. Jika memiliki modal yang besar, maka produk yang akan saya jual menjadi banyak. Begitu pun sebaliknya, jika hanya memiliki modal yang sedikit, maka hanya sedikit pula produk yang dapat saya jual. Kelebihan lain yang tak kalah penting ialah toko kelontong menjual kebutuhan sehari-hari masyarakat, sudah pasti perputaran usahanya akan berjalan cepat.

Delapan bulan berjalan, penghasilan pun naik turun layaknya roller coster. Kadang mendapat omset yang besar, namun tak jarang hanya mendapat omset yang sedikit. Berdagang benar-benar membutuhkan mental yang kuat. Bersyukur saat dagangan sedang ramai, dan harus sedikit bersabar di kala dagangan sedang sepi.

Persaingan warung kelontong semakin hari semakin ketat. kompetitor warung kelontong tidak hanya datang dari sesama warung kelontong saja, melainkan juga dari minimarket modern. Minimarket saat ini kian menjamur, dan selalu menawarkan layanan yang lengkap dan prima. Jika saya tetap stag dan tidak mengikuti perubahan yang ada, bukan tidak mungkin usaha saya akan mati perlahan.

Untuk itu, butuh inovasi agar usaha kelontong saya dapat bersaing. Jika boleh meminjam kata-kata motivator, usaha saya harus mempunyai nilai tambah agar dapat mengungguli para pesaing. Lalu bagaimana caranya? Caranya dengan mengubah warung kelontong tradisional saya menjadi Warung Digital Serba Bisa.

Tentu mengubah warung tradisional menjadi warung digital serba bisa bukan perkara mudah. Butuh sistem dan modal yang banyak. Dengan keterbatasan modal yang ada, nampaknya hal itu adalah hal yang mustahil. Namun semenjak ada Kudo, mengubah warung tradisional menjadi warung digital serba bisa bukanlah perkara yang mustahil. Sejak didirikan, Kudo memang memiliki komitmen untuk membantu warung tradisional agar dapat bersaing dengan pasar modern dan minimarket.



MENGENAL KUDO


 

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai cara mengubah warung tradisional menjadi warung digital serba bisa menggunakan aplikasi Kudo, saya ingin menjelaskan dulu apa itu Kudo?

Kudo merupakan singkatan dari Kios Usaha Dagang Online, yang merupakan aplikasi yang dapat membantu menyediakan produk untuk dijual, termasuk produk sembako. Saat ini, kudo sedang mengadakan program #majuin warung dengan mengubah warung tradisional menjadi warung digital serba bisa.

Kudo didirikan oleh Albert Lucius dan Agung Nugroho pada bulan Juli 2014. Latar belakang berdirinya Kudo adalah karena masih ada kesenjangan antara perdagangan daring dan luring. Karena hal itulah muncul ide untuk mendirikan suatu platform yang dapat menghubungkan antara usahawan daring dengan para pelanggan luring melalui jaringan agen.

Lalu, fasilitas apa saja yang diberikan kudo agar warung tradisional kita dapat bersaing dengan pasar modern dan minimarket? Setidaknya, ada 7 layanan yang diberikan Kudo yang dapat membantu warung kita untuk dapat bersaing dengan pasar modern dan minimarket. 

Apa saja 7 layanan yang diberikan Kudo agar warung tradisional kita dapat bersaing dengan pasar modern dan minimarket ? Ini dia penjelasannya!


1. Membuka Warung Grosir Sembako



Pedagang sembako eceran tentu sudah banyak jumlahnya. Posisi kiosnya kadang berjejeran dan berhadapan. Jika kita bermain di ranah yang sama, akan sangat sulit untuk berkembang usaha kita. Untuk itu, harus menggunakan strategi lain jika ingin berdagang sembako juga. Tak lain dan tak bukan ialah membuka usaha grosir sembako.

Nantinya, pedagang sembako eceran ini akan mengambil barang dari tempat kita. Tentu ini bukanlah hal yang mudah. Pertama, kita harus menyiapkan dana yang cukup besar. Kedua, harus bisa mencari pemasok yang menjual dengan harga yang murah, agar kita dapat menjual dengan harga yang murah dibanding pesaing.

Salah satu pemasok yang cukup terpercaya dan dapat memberikan harga terbaik adalah Kudo. Selain itu, barang yang ada di Kudo pun cukup lengkap. Jadi, cukup dengan 1 pemasok saja kita dapat berjualan semua kebutuhan untuk menjadi pedagang grosir sembako.


2. Menyediakan Jasa Transfer Uang




Salah satu cara lain agar toko kita dapat bersaing dengan minimarket modern adalah menyediakan layanan yang kerap ditemukan pada sebuah minimarket, yaitu layanan transfer uang.

Jasa transfer uang ini cukup potensial, mengingat makin menjamurnya jenis usaha ini. Tentu dengan layanan transfer uang, kita dapat bersaing dengan minimarket, karena posisi warung tradisional kita umumnya berada di pemukiman warga. Jadi, warga yang membutuhkan layanan ini tidak perlu jauh-jauh ke minimarket. 


3. Menyediakan Layanan Pengisian Pulsa




Di era digital seperti sekarang ini, kehidupan masyarakat dimudahkan dengan adanya internet. Memesan tiket hotel, penerbangan, atau bioskop dapat di lakukan dari gawai pribadi yang terkoneksi internet. Jadi, semua aktivitas dapat dilakukan dari rumah.

Melihat fenomena teknologi yang berkembang cepat ini, membuka peluang yang cukup besar untuk usaha pengisian pulsa. Bahkan, bisnis pulsa dianggap sebagai bisnis yang dapat bertahan lama, karena kebutuhan akan internet akan terus besar. Tak heran jika saat ini bisnis pulsa kian menjamur.

Sayangnya, pemain bisnis pulsa saat ini cukup banyak, termasuk minimarket yang sudah punya nama besar. Agar toko kita dapat bersaing dengan minimarket, kita perlu menyediakan bisnis pulsa ini di toko kita. Tentu harus mencari supplier yang terpercaya dan mampu memberikan harga terbaik.

Saat ini, saya bermitra dengan Kudo karena banyak manfaat yang saya dapatkan. Selain mendapat keuntungan dari hasil penjualan pulsa ke konsumen, saya juga mendapat komisi dari hasil penjualan pulsa. Yang pasti, akan sangat menguntungkan bermitra dengan Kudo.

 


4. Menyediakan Layanan PPOB



Setelah gaji turun, hampir setiap orang menyisikan sebagian gaji untuk membayar iuran bulanan seperti tagihan air, listrik, internet, dan lain-lain. Sayangnya, tidak semua orang dapat menyisihkan waktu untuk membayar di loket pembayaran ataupun mesin ATM. Sibuk dan malas mengantri menjadi beberapa alasan.

Melihat kondisi seperti ini, muncul peluang bisnis yang cukup prospektif. Caranya, kita bisa membuat layanan tambahan di warung kita, yaitu dengan menjadi penyedia layanan pembayaran online, atau yang kerap disapa PPOB. Semua layanan pembayaran online yang dapat dilayani yakni pembayaran yang terkait dengan bank.

Umumnya, untuk membuka layanan PPOB membutuhkan perangkat komputer dan internet. Dan itu sangat mahal biaya investasinya. Namun dengan bermitra dengan Kudo, kita hanya butuh gawai yang terkoneksi internet.

 


5. Membuka Jasa Pembayaran Tagihan Telepon

 


Penggunaan telepon rumah memang sudah tergantikan oleh handphone karena fleksibilitasnya. Namun kehadiran telepon rumah tetap tak kalah penting hingga saat ini. Contohnya, jika kita ingin mendaftar internet rumah, harus memiliki telepon rumah, karena jaringan internetnya diambil dari jaringan telepon.

Karena itu, jumlah pengguna telepon rumah hingga saat ini masih tetap banyak. Selain itu, telepon rumah juga dapat digunakan untuk berjaga-jaga ketika pulsa handphone kita sedang habis.

Melihat hal ini, potensi jasa pembayaran tagihan telepon akan tetap besar. Apalagi kebiasaan manusia di zaman modern ini ingin serba praktis. Kalau harus mengantri di mesin ATM atau loket pembayaran telepon, banyak yang enggan melakukannya.

Untuk itu, sangat penting agar warung tradisional kita menyediakan layanan bayar tagihan telepon. Hal ini dapat digunakan agar menjadi pembeda antara toko kita dengan toko lain. Selain konsumen tidak akan berpaling hati, kita juga mendapat keuntungan yang cukup lumayan.

Sebagai pemilik warung yang ingin membuka usaha jasa pembayaran telepon, harus memilih mitra yang terpercaya. Tempat kita bermitra juga harus memiliki sistem yang mudah dan tidak berbelit-belit. 


Bermitra dengan kudo adalah pilihan yang tepat. Selain terpercaya, aplikasi kudo juga sangat mudah dipahami. Yang tidak kalah penting, aplikasi ini sangat real time, artinya transaksi kita akan langsung di proses tanpa terpending.



6. Membuka Jasa Pendaftaran Grab




Bagi seorang kepala rumah tangga yang memiliki anak dan istri, mengandalkan uang gaji saja tentu tidak cukup. Apalagi harga-harga pangan dan kebutuhan lain terus beranjak naik. Tak heran, banyak kepala rumah tangga mencari pekerjaan sampingan untuk mendapat tambahan penghasilan.

Salah satu profesi sampingan yang banyak diminati adalah driver online, baik motor ataupun mobil. Namun kesulitan untuk mendaftar karena lokasi yang jauh, membuat sebagian orang mengurungkan niatnya.

Aplikasi kudo memberikan kemudahan dalam proses pendaftaran menjadi mitra grab. Dengan memberikan layanan daftar grab pada konsumen warung kita, akan membuat warung kita dapat bersaing dengan minimarket, karena sampai saat ini layanan daftar grab ini belum ada di minimarket. Selain itu, komisi yang kita dapatkan dari orang yang mendaftar sebagai mitra grab juga sangat menggiurkan.



7. Menyediakan Jasa Pemesanan Tiket Kereta




Salah satu moda transportasi yang paling banyak diminati masyarakat adalah kereta api. Tak seperti kereta api dulu yang lekat dengan imej kotor, panas, dan bising karena pedagang yang lalu-lalang. Imej kereta api saat ini sangat baik. Tak heran jika pengguna kereta selalu ramai, baik hari biasa ataupun saat lebaran.

Kereta api pun kini telah bertransformasi dengan menyediakan pesan bangku melalui online. Hal ini dilakukan untuk memberi kemudahan kepada konsumennya. Namun sayangnya, waktu yang diberikan untuk proses pembayaran hanya 30 menit.

30 menit tentu waktu yang sangat sebentar jika harus keluar rumah dan mengantri di mesin ATM. Tak heran banyak pesanan yang akhirnya dibatalkan karena telat membayar. Untuk itu, dengan menyediakan layanan pesan dan pembayaran tiket kereta di warung kita, akan cukup diminati karena kemudahan yang konsumen dapatkan.

 


KEUNTUNGAN MENJADI AGEN KUDO



 

Dari penjelasan mengenai cara bersaing dengan pasar modern dan minimarket di atas, tentu menggiurkan, bukan ? Keuntungan yang saya jabarkan di atas belum semuanya. Masih banyak keuntungan-keuntungan lain jika kita mengubah warung tradisional milik kita, menjadi warung digital serba bisa menggunakan aplikasi Kudo. Dari apa yang sudah saya rasakan, inilah keuntungan lainnya :


1. Mendapat Untung Berlipat-Lipat

Dengan bergabung menjadi agen Kudo, warung kita akan mendapat keuntungan berlipat-lipat. Jika biasanya hanya mendapat keuntungan dari berjualan sembako, sekarang mendapat keuntungan lain dari hasil penjualan pulsa, jasa pembayaran PPOB, jasa transfer uang, dan lain-lain.

Selain mendapat keuntungan hasil margin antara harga jual dengan modal, agen kudo juga akan mendapat komisi-komisi lain seperti komisi mengajak orang untuk bergabung menjadi agen kudo, komisi pendaftaran grab, dan lain-lain. Keuntungan ini dapat digunakan untuk membayar sewa kios atau memperbesar usaha kita.

2. Jaminan Harga Termurah

Harga jual yang ada di aplikasi Kudo sangat murah. Hal ini dapat memberikan keleluasan pada agen untuk menentukan margin keuntungan. Misalnya jika ingin menjadi reseller, dalam contoh perbandingan saat jual pulsa sebagai agen Kudo:

Jual pulsa nominal Rp100.000,- pakai multi-chip:
Harga modal: Rp97.600,-
Harga jual ke pelanggan: Rp100.000,-
Besar untung: Rp2.400,-

Jual pulsa nominal Rp100.000,- pakai aplikasi Kudo:
Harga modal: Rp96.500,-
Harga jual ke pelanggan;
-opsi 1: Rp100.000,- (mengikuti harga pasaran)
-opsi 2: Rp99.000,- (lebih murah dari harga pasaran)

Besar untung;

-opsi 1: Rp3.500,- (jumlah penjualan diperkirakan akan biasa saja)
-opsi 2: Rp2.500,- (jumlah penjualan diperkirakan akan meningkat karena pembeli lebih tertarik dengan harga yang lebih murah)

Jadi, kira-kira kamu mau mengikuti skema menentukan keuntungan yang mana ?



3. Banyak Promo dan Potongan Diskon


Kudo selalu memberikan promo atau potongan diskon kepada para agennya. Promo dan potongan diskon bisa berbeda-beda setiap periodenya. Misalnya bonus 50 ribu rupiah untuk pendaftaran merchant ovo atau bonus 100 ribu rupiah untuk agen yang telah mencapai nominal transaksi sebesar 5 juta rupiah.


4. Aplikasinya Mudah dan Aman Digunakan


User Interface pada aplikasi Kudo sangat friendly sehingga mudah dipahami oleh semua kalangan. Selain mudah, aplikasi Kudo juga sangat aman digunakan. Misalkan pada fitur transfer uang, keamanan fitur terjamin karena fitur ini dilengkapi dengan sistem keamanan yang baik.

5. Bisa Gratis Ongkir 


Kudo menyediakan gratis ongkir untuk pembelian grosir. Untuk minimum pembeliannya, bisa berubah-ubah sesuai syarat dan ketentuan pada saat periode promo berjalan. Gratis ongkir ini tentu akan menguntungkan bagi agen karena uang yang harusnya untuk membayar ongkir bisa dialihkan untuk keperluan lain.

6. Dapat Bonus Jika Ajak Teman Daftar Kudo


Kudo memberikan bonus berupa saldo 30 ribu rupiah kepada agen yang dapat mengajak orang untuk bergabung menjadi agen Kudo. Caranya cukup mudah, tinggal bagikan kode referral agen kepada orang yang akan mendaftar sebagai agen.


7. Pembayaran Gampang, Bisa Pakai OVO Cash

Pembayaran setiap transaksi jual-beli di Kudo dapat menggunakan OVO Cash. Kemudahan pembayaran dengan menggunakan OVO Cash ini sangat memudahkan bagi orang-orang yang tidak terlalu suka membawa uang cash. Dan terkadang, ada promo berupa cashback untuk setiap pembayaran pakai OVO Cash.
 

8. Dapat Bonus Setiap Mendaftarkan Pengemudi Grab

Setiap agen yang berhasil mendaftarkan pengemudi grab, baik grab bike atau grab car akan mendapatkan komisi. Menurut peraturan terbaru yang berlaku sejak bulan Juli 2019, besaran komisi berbeda-beda tergantung daerah pendaftaran.



CARA BERGABUNG MENJADI AGEN KUDO





Setelah membaca keuntungan-keuntungan yang didapat jika kita bergabung menjadi agen Kudo di atas, apakah menambah keyakinan teman-teman untuk bergabung menjadi agen Kudo? Jika iya? Akan saya jelaskan proses pendaftaran untuk menjadi agen Kudo.

Cara mendaftar jadi agen Kudo mudah banget, tinggal ikuti instruksi di bawah;

  1.  Download Aplikasi KUDO dari Google Play Store atau  buka dari https://kudo.co.id/shop/
  2.  Pilih Masuk Sebagai Agen kemudian pilih Daftar Jadi  Agen
  3.  Isi lengkap data diri kamu dan jangan lupa masukkan kode referral kalau ada
  4.  Klik Daftar

Mudah, bukan ?


CARA BERJUALAN MENGGUNAKAN APLIKASI KUDO


 


Setelah mendaftar, teman-teman pedagang warung sekalian sudah dapat berjualan. Untuk mempermudah dalam menggunakan aplikasi Kudo, akan saya jelaskan sedikit cara penggunaannya, baik untuk pembelian sembako, pengunaan fitur penjualan pulsa, PPOB, listrik, pendaftaran grab, maupun pemesanan tiket kereta api. Berikut cara penggunaannya;


1. Cara Pemesanan Grosir Sembako


Pertama, masuk ke dalam aplikasi Kudo. Lalu pilih produk yang ingin dibeli pada menu "Produk Online." Misalkan kita ingin membeli kebutuhan dapur, maka klik "Supermarket."

Kedua, pilih salah satu dari 5 sub kategori dalam supermarket. Misalkan kita ingin membeli bahan makanan, maka klik "Bahan Makanan."


Ketiga, klik bahan makanan yang ingin dibeli. Misalkan kita ingin membeli mie instan, maka klik mie instan.


Kelima, klik "Beli."


Keenam, tentukan jumlah yang ingin dibeli dengan klik tombol "+" atau "-." Setelah jumlahnya telah sesuai dengan yang kita inginkan, lalu klik "Checkout."





Ketujuh, isi alamat pengiriman, serta pilih jasa pengiriman. Setelah selesai, klik "Lanjutkan Ke Pembayaran."

Terakhir, pilih metode pembayaran, lalu masukan voucher jika ada. Setelah selesai klik "Bayar." Transaksi selesai dan akan segera diproses oleh tim Kudo. Anda tinggal tunggu barang tersebut sampai di toko anda.


2. Cara Pembelian Pulsa




Pertama, masuk ke dalam aplikasi Kudo. Lalu klik "Pulsa dan Paket Data" pada menu "Isi Ulang."


Kedua, masukan nomor yang ingin diisi pulsa. Jika ingin menyimpan nomor dan nama pelanggan, klik tanda contreng pada tulisan "Simpan nomor dan nama pelanggan." Hal ini akan mempermudah jika konsumen yang sama membeli lagi. Jadi, kita tidak perlu repot-repot memasukan nomornya karena sudah tersimpan di aplikasi kita.


Ketiga, pilih jenis pulsa yang diinginkan. Jika ingin membeli pulsa reguler, maka klik "Pulsa." Jika ingin membeli paket data, maka klik "Paket Data." Jika sudah selesai, pilih nominal yang ingin dibeli.

Keempat, buat pin anda. Hal ini untuk menjaga keamanan akun anda. Gunakan nomor pin yang mudah diingat, agar mempermudah jika ada transaksi pembelian pulsa lagi.


Terakhir, pilih metode pembayaran dan masukan voucher jika ada. Setelah selesai, klik "Bayar." Kemudian, tinggal tunggu pulsa yang dibeli masuk ke nomor konsumen anda.


3. Cara Pembayaran PPOB

 
Pertama, pilih transaksi PPOB yang diinginkan pada menu "Bayar Tagihan." Misalkan kita ingin melakukan transaksi pembayaran PDAM, maka klik "PDAM."

Terakhir, masukan area PDAM dan nomor pelanggan. Jika ingin mengirimkan bukti transaksi ke nomor hp pelanggan anda, maka contreng tulisan "Kirim bukti transaksi ke nomor HP pelanggan." Setelah selesai, klik "Cek Tagihan." Setelah muncul nominal tagihan, beritahu kepada konsumen agar konsumen anda membayar sesuai tagihan yang tertera, setelah itu klik bayar dan transaksi pun selesai.


4. Cara Mendaftar Grab


Pertama, klik "Pendaftaran Pengemudi" pada menu "Bermitra."

Kedua, pilih kota domisili calon mitra pengemudi.

Ketiga, pilih jenis layanan. Jika ingin mendaftar grab bike, maka pilih grab bike. Jika ingin mendaftar grab car, maka pilih grab car. Kemudian klik "Lanjut."

Keempat, isi data yang dibutuhkan. Setelah terisi semua, klik "Daftar."

Kelima, isi kode OTP yang dikirim ke nomor agen Kudo.

Terakhir, isi dan unggah seluruh dokumen yang dibutuhkan. Jika sudah selesai semua, konsumen tinggal menunggu panggilan untuk seleksi. Jika sudah selesai, jangan lupa untuk menawarkan top up agar konsumen anda bisa segera mencari penumpang.


5. Cara Memesan Tiket Kereta

 
Pertama, klik "Kereta Api" pada menu "Tiket Perjalanan."


Kedua, pilih lokasi keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, jumlah tiket dan kelas yang diinginkan. Kemudian klik "Cari Tiket Kereta."


Ketiga, kita akan disuguhkan pilihan berbagai macam jenis kereta api. Pilih salah satu sesuai budget dan jam keberangkatan yang konsumen inginkan.

Keempat, jika sudah sesuai semua, klik "Beli."

Kelima, klik "Pesan."


Keenam, klik "Pesan." Nanti akan ada email berupa konfirmasi pesanan. Silakan bayar sesuai harga yang tertera. Konsumen hanya diberi waktu 60 menit untuk melakukan pembayaran, jika lewat maka akan dicancel pesanan tiket kereta api tersebut.

Bagaimana? Semua prosesnya mudah, bukan?



TESTIMONI PENGGUNA APLIKASI KUDO

Saya sudah merasakan keuntungan menjadi agen Kudo, selanjutnya giliran kalian! Untuk menambah keyakinan teman-teman pemilik warung tradisional, berikut saya screen shoot beberapa testimoni dari pemilik warung tradisional yang telah bergabung dan berhasil #majuin warung dengan Kudo.





You Might Also Like

0 comments

Subscribe