12 HAL YANG HARUS DISIAPKAN KETIKA INGIN MENDAKI GUNUNG, AGAR PENDAKIAN TETAP SANTUY

October 30, 2019


Mendapat libur ditengah padatnya aktivitas, seperti menemukan oase di tengah padang pasir. Begitu segar lagi menyejukkan. Tak jarang sebagian orang memanfaatkannya untuk berlibur ke lokasi wisata yang disukai. Ada yang pergi ke pantai, gunung, atau lokasi wisata ramah anak agar dapat mengajak keluarga mereka.

Liburan dapat menyegarkan kembali pikiran yang penat akibat beban pekerjaan. Saya sendiri memanfaatkan libur bekerja untuk mendaki sebuah gunung. Saya memilih gunung karena sudah pusing dengan padatnya Jakarta. Rasanya, saya butuh ketenangan dan kesunyian untuk menenangkan pikiran saya. Dan hal ini hanya didapatkan dengan mendaki gunung.

Namun berbeda dengan liburan di lokasi wisata lain, berlibur dengan mendaki gunung membutuhkan persiapan yang matang, karena sedikit saja lalai, dapat mengancam jiwa dan keselamatan saya. Setidaknya, ada beberapa persiapan yang saya lakukan sebelum mendaki gunung.


1. MENYIAPKAN KONDISI FISIK


Mendaki gunung termasuk hobi yang berat untuk dijalani. Berjalan melintasi bukit dan hutan sembari membawa beban berat di punggung benar-benar menguras energi. Untuk itu, persiapan sebelum mendaki harus benar-benar dijalani dengan baik. Salah satunya dengan rutin berolahraga.

Biasanya, sebulan atau dua bulan sebelum tanggal pendakian saya intensif berolahraga. Olahraga yang biasa saya lakukan yaitu jogging. Jogging akan membuat tubuh tetap prima hingga tanggal pendakian tiba. Tubuh yang prima akan mencegah hal-hal negatif yang kerap melanda pendaki. Salah satunya yaitu kelelahan yang akan membuat seorang pendaki kekurangan oksigen, dan akhirnya akan membuat pendaki tersebut menjadi hilang kesadaran.



2. MENYUSUN RENCANA PERJALANAN


Sebelum melakukan pendakian, biasanya saya membuat rencana perjalanan. Rencana perjalanan ini dibutuhkan agar pendakian saya menjadi lebih terjadwal dengan baik. Dengan begitu, saya bisa menyiapkan segala kebutuhan pendakian dengan baik, seperti jumlah makanan yang harus dibawa, jumlah uang yang dibutuhkan, jumlah pakaian ganti yang harus dibawa, dan lain-lain.

Selain itu, dengan adanya rencana perjalanan, saya dapat mengestimasi tanggal kepulangan saya. Jadi, saya bisa memesan tiket kereta atau pesawat terlebih dahulu, karena jika memesan secara mendadak akan kehabisan.


3. MENYIAPKAN CARRIER YANG NYAMAN UNTUK DIGUNAKAN


Untuk mendaki gunung, tentu membutuhkan sebuah carrier untuk membawa segala kebutuhan selama kita berada di gunung, seperti tenda, baju ganti, alat memasak, dan konsumsi. Namun tersedia begitu banyak tipe carrier yang dapat dipilih, dan terkadang membingungkan untuk kita menentukan pilihan.

Saya pribadi, bukan termasuk orang yang fanatik akan satu brand. Untuk carrier, saya memilih carrier berukuran 70 liter karena dapat menampung banyak barang. Selain itu, dalam memilih carrier saya pastikan harus berbahan tebal, agar tidak menyakitkan punggung saya ketika digunakan. Beban bawaan juga harus diatur dengan baik, batas maksimalnya yaitu  1/3 berat tubuh saya.


4. MENYIAPKAN UANG SECUKUPNYA 


Saat pergi mendaki, saya selalu membawa uang tunai secukupnya. Uang tunai ini akan saya gunakan untuk membayar transportasi ke lokasi tujuan, membeli kebutuhan yang diperlukan,  membayar biaya registrasi pendakian, serta ongkos untuk pulang ke rumah. Selebihnya, saya hanya membawa uang dalam bentuk non tunai.

Hal ini saya lakukan untuk mengantisipasi kecurian yang kerap terjadi di dalam bis atau di dalam tenda. Dengan begitu, seandainya terjadi kecurian, kita masih memiliki cadangan uang untuk melanjutkan perjalanan atau kembali pulang ke rumah.


5. MENYIAPKAN SEPATU YANG NYAMAN DI KAKI


Ketika mendaki gunung, usahakan menggunakan sepatu, karena kontur jalan di gunung dipenuhi akar-akar besar dan bebatuan yang dapat melukai kaki pendaki. Namun, usahakan untuk menggunakan sepatu dengan tapak kaki yang tidak licin, untuk menghidari terpeleset ketika musim penghujan.

Selama melakukan pendakian, saya selalu menggunakan sepatu untuk menghindari hal-hal yang telah saya sebutkan sebelumnya. Selain itu, saya selalu mencari sepatu berbahan waterproof, agar tetap kering ketika dipakai mendaki di musim penghujan. Kalau kaki kita basah, akan sangat rawan terserang hipotermia dan itu sangat membahayakan.


6. MENYIAPKAN JAKET YANG DAPAT MENGHANGATKAN TUBUH


Saya selalu membawa jaket ketika melakukan pendakian. Hal ini untuk membantu menghangatkan tubuh di tengah cuaca gunung yang amat dingin. Namun usahakan jaket yang dipilih tidak hanya dapat menghangatkan tubuh, tetapi juga harus anti air agar tidak basah ketika dipakai saat hujan tiba. Dengan begitu, saya dapat menghindari hipotermia yang akan membahayakan nyawa saya.


7. MENYIAPKAN SLEEPING BAG YANG TEBAL NAMUN RINGKAS UNTUK DIBAWA


Cuaca malam yang dingin di atas gunung membuat sekujur tubuh serasa menggigil, dan akhirnya membuat saya menjadi susah untuk tidur. Padahal tidur yang cukup sangat dibutuhkan oleh pendaki, untuk menyegarkan kembali tubuh yang lelah setelah seharian berjalan. Untuk itu, saya selalu menyiapkan sleeping bag yang cukup tebal namun tetap ringkas saat dibawa.

 

8. MENYIAPKAN SARUNG TANGAN, KAOS KAKI dan KUPLUK YANG TEBAL


Tidak hanya tubuh yang perlu dihangatkan ketika kita berada di atas gunung, tetapi juga anggota tubuh yang lain, seperti tangan, kaki, dan kepala. Untuk itu, saya selalu membawa sarung tangan, kaos kaki, dan kupluk yang cukup tebal untuk menghangatkan seluruh tubuh saya.


9. MENCARI HEADLAMP YANG TERANG NAMUN AWET DIGUNAKAN


Membawa headlamp menjadi suatu kewajiban bagi pendaki, termasuk saya. Headlamp ini dapat kita pergunakan sebagai sumber pencahayaan, karena tidak ada sumber cahaya lain ketika di atas gunung. Headlamp ini dapat kita pergunakan untuk menerangi saat masak di malam hari, atau menuntun langkah kita ketika masih terjebak di track saat malam tiba. 

Kehadiran headlamp menjadi sangat penting, karena jalur pendakian banyak berisi akar-akar besar dan bebatuan yang dapat membuat kita tersandung, sedangkan kondisi kanan-kiri jalan di dominasi oleh jurang yang cukup curam.


10. MENYIAPKAN P3K DAN ALAT-ALAT SURVIVAL LAINNYA


Tidak hanya ketika mendaki gunung, namun ketika kita pergi kemana pun harus membawa P3K. Terutama untuk orang-orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu. Saya sendiri walau tidak memiliki riwayat penyakit, namun tetap membawa P3K untuk mengantisipasi penyakit yang kerap melanda ketika berada di atas gunung, seperti pusing, mual ataupun masuk angin.

Selain itu, alat-alat survival juga tak kalah penting untuk dibawa. Adapun peralatan survival yang biasa saya bawa diantaranya laser, kompas, kaca, dan lain sebagainya. Alat survival ini dapat dipergunakan untuk memberitahu orang lain akan keberadaan kita ketika tersesat.


11. MENYIAPKAN MAKANAN YANG BERNUTRISI


Ketika mendaki gunung harus benar-benar memperhitungkan lama pendakian dengan konsumsi yang dibawa. Jangan sampai ketika kita masih di atas gunung, segala konsumsi telah habis, dan akhirnya kita kelaparan. Kelaparan ini yang akan membuat tubuh menjadi lemas, sehingga dapat menghilangkan konsentrasi yang dapat membuat segala kemungkinan buruk dapat terjadi.

Saya sendiri selalu membawa makanan yang cukup banyak, baik makanan utama seperti nasi dan lauk pauknya, hingga makanan cemilan untuk mengganjal lapar ketika dalam perjalanan di gunung. Usahakan makanan yang dibawa bukan termasuk makanan berat, namun dapat memenuhi kadar nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.


12. MENYIAPKAN HANDPHONE DAN PERALATAN DOKUMENTASI LAINNYA


Salah satu perlengkapan mendaki yang tidak boleh terlupa untuk dibawa adalah handphone. Handphone tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga di rumah, namun juga untuk merekam momen-momen seru saat di gunung. Kualitas kamera handphone yang kini semakin bagus, membuat saya selalu menggunakan handphone untuk mengambil gambar dan video.

Penggunaan handphone untuk merekam foto dan video membuat baterai handphone menjadi boros. Untuk itu, butuh power bank agar dapat mengambil foto dan video dengan leluasa. Selama ini, saya selalu meminjam power bank milik teman. Tentu jika meminjam terus akan tidak enak. Untuk itu, Saya ingin membeli power bank karena rencananya akhir tahun ini saya ingin mendaki lagi.

Banyaknya pilihan power bank dari berbagai marketplace membuat saya bingung untuk menentukan pilihan. Di tengah kebingungan, ada teman di grup pendaki yang menyarankan untuk membeli di Ayoomall.com. Menurutnya, banyak kelebihan yang didapat jika membeli di Ayoomall.com.


MENGENAL AYOO MALL


Ayoomall.com merupakan salah satu pelopor toko online di Indonesia. Seiring berkembangnya teknologi, semakin banyak aktivitas yang dilakukan secara digital, lebih mudah dan praktis, termasuk kegiatan pembelian yang kini semakin marak dilakukan secara digital, baik melalui komputer, laptop, hingga smartphone yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Ayoomall.com hadir memberikan pengalaman berbelanja online yang aman, nyaman, mudah, dan menyenangkan serta dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.


Setelah menjelajah Ayoomall.com melalui aplikasi android, rasanya saya juga tertarik untuk membeli kaos before 5. Dari desain dan bahan yang digunakan, kaos ini akan sangat cocok menemani perjalanan saya ketika mendaki gunung.


Lalu, apa saja kelebihan berbelanja di Ayoomall.com?



1. Sistem Pembayaran yang Mudah, Aman dan Terpercaya

Ayomall.com menawarkan berbagai kemudahan kepada konsumen ketika berbelanja. Salah satu kemudahan yang diberikan yaitu kemudahan dalam hal pembayaran. Sistem pembayaran di Ayoomall.com sangat lengkap, mulai dari pembayaran menggunakan kartu kredit, transfer bank, mobile banking, serta berbagai pembayaran online lainnya.



2. Kualitas Terbaik dan Jaminan Original

Ayoomall.com menawarkan berbagai pilihan produk secara lengkap dan terjamin kualitasnya. Barang yang dijual di Ayoomall.com berasal dari berbagai brand ternama yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Semua barang yang dijual di Ayoomall.com sudah terjamin keasliannya. Untuk itu, kita tidak perlu khawatir ketika berbelanja.


3. Promo dan Gratis Ongkir Wilayah Jakarta

Ayoomall.com sering mengadakan promo diskon dengan membagikan e-coupon kepada konsumen setianya. e-coupon ini dapat digunakan untuk berbagai produk yang ada di Ayoomall.com. Selain itu, Ayoomall.com juga memberikan gratis ongkir untuk wilayah Jakarta sesuai ketentuan yang berlaku. 

Bagaimana, mantapkan kelebihan berbelanja di Ayoomall.com? Jika teman-teman ada yang berminat berbelanja di Ayoomall.com, akan saya jelaskan proses pembelian di Ayoomall.com.


CARA BERBELANJA DI AYOOMALL.COM

 

  1. Login dengan akun yang telah kalian daftarkan. Jika belum mendaftar, silakan daftar terlebih dahulu.
  2. Pilih barang yang ingin dibeli, kemudian klik "Beli sekarang."
  3. Isi alamat pengiriman.
  4. Tentukan jumlah yang ingin dibeli, kemudian isi kolom catatan dengan ukuran atau warna yang diinginkan. Kemudian klik "Simpan."
  5. Pilih metode pengiriman yang anda inginkan. Ada dua metode pengiriman yang dapat dipilih yaitu kirim online dan ambil di toko.
  6. Pilih metode pembayaran yang diinginkan.
  7. Masukan voucher jika punya.
  8. Klik "Bayar sekarang."
  9. Lakukan pembayaran.
  10. Selesai, tinggal tunggu barangnya sampai di rumah anda
Bagaimana, mudah bukan? 


PENUTUP


Sudah tau kan apa saja yang perlu dipersiapkan ketika ingin mendaki gunung. Jangan lupa, penuhi seluruh kebutuhan yang kurang dengan berbelanja di Ayoomall.com, agar perjalanan kita saat mendaki menjadi tetap santuy.

You Might Also Like

0 comments

Subscribe