BERJUALAN DI BLIBLI.COM MAKIN UNTUNG KARENA FITUR QR CODE DAN CLICK & COLLECT

October 31, 2019


Di era digitalisasi seperti sekarang ini, para pengusaha retail ramai-ramai mengalihkan sistem penjualannya dari offline ke online. Sistem penjualan online memang lebih menguntungkan dari pada sistem penjualan offline. Sistem penjualan online terbukti dapat mengembangkan dan memperluas pasar bisnis mereka

Kemudahan dalam berbisnis online memunculkan banyak UMKM baru. Banyak UMKM baru tersebut yang berlatar belakang sebagai ibu rumah tangga. Mereka memilih berjualan online karena paling mudah dilakukan. Jadi, mereka tetap bisa berbisnis sambil mengurus suami dan anak mereka di rumah. 

Kehadiran bisnis online ini tidak hanya menguntungkan para UMKM, tetapi juga konsumen. Konsumen tidak perlu lagi berpanas-panasan untuk mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan. Tinggal tab dan klik dari gawai yang terkoneksi internet, semua kebutuhan akan langsung dikirim ke rumah kita. Tak heran jika angka penjualan di e-commerce terus berkembang setiap tahunnya.


Menurut data yang dikutip dari katadata.co.id, jumlah transaksi penjualan di e-commerce tahun 2019 mencapai 10,5 miliar dollar AS. Tahun 2022, nilai transaksi e-commerce diperkirakan akan naik mencapai 16,5 miliar dollar AS. Pertumbuhan angka transaksi ini diperkirakan dampak dari pertumbuhan teknologi, serta jumlah pertumbuhan generasi milenial dan gen Z.


TENTU, BISNIS ONLINE JUGA MEMILIKI KEKURANGAN


Walau bisnis online saat ini berjalan dengan baik, namun masih saja ada kekurangan yang perlu diperbaiki. Kekurangan ini harus disikapi dengan bijak oleh para pengusaha yang terjun dalam bisnis online, agar dapat mengubah kekurangan tersebut menjadi sebuah keunggulan.

Dari apa yang saya alami ketika berbelanja di beberapa e-commerce, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dalam sistem jual-beli online yang diterapkan saat ini. Paling tidak, ada 3 hal yang perlu diperbaiki agar sistem jual-beli online berjalan lebih baik.

Pertama, produk yang dijual tidak sesuai ekspektasi pembeli. Jika pada sistem penjualan offline pembeli dapat melihat barang yang dijual secara langsung, maka dalam penjualan online, pembeli hanya dapat melihat gambar beserta deskripsi produknya.

Terkadang, kualitas foto yang dipajang jauh lebih baik daripada kualitas produk aslinya. Dan tak jarang kejadian ini membuat pembeli merasakan kecewa. Selain dari segi kualitas produk, kekecewaan lain didapat dari ukuran yang tidak sesuai. Terkadang, ukuran barang yang dijual jauh lebih kecil dari ukuran yang seharusnya, dan akhirnya barang tersebut tidak dapat terpakai oleh pembeli. 

Kedua, sistem pembayaran yang tidak praktis. Walau sebenarnya metode pembayaran pesanan di e-commerce sudah cukup mudah, namun pembeli harus tetap mengantri di mesin ATM untuk melunasi transaksi pembelian. Mengingat teknologi dompet elektronik terus berkembang, akan lebih baik jika e-commerce menyediakan layanan pembayaran melalui dompet elektronik. 

Ketiga, pengiriman barang pesanan yang kadang terlambat. Terkadang, tanggal kedatangan barang yang dipesan tidak sesuai estimasi waktu yang dijanjikan. Terutama ketika jasa pengiriman sedang overloud menjelang hari raya atau hari libur nasional. Akhirnya, barang yang pembeli pesan tidak dapat dipakai tepat pada waktunya.  


FITUR QR CODE DAN CLICK & COLLECT DARI BLIBLI.COM MENJAWAB KELUHAN PASAR


Sebagai e-commerce yang selalu berinovasi untuk memenuhi keinginan pasar, BliBli.com membuat layanan terbaru yang disebut fitur click & collect. Click & Collect adalah fitur belanja yang memberikan konsumen pengalaman belanja online dan offline sekaligus dengan cara ambil pesanan sendiri. 

Konsumen dapat merasakan kemudahan dengan belanja melalui website namun tak perlu menunggu kurir mengantarkan pesanan kita, karena kita dapat mengambil langsung pesanan kita di lokasi yang telah kita tentukan sebelumnya. Jadi, kita tidak perlu khawatir jika butuh cepat barang yang kita pesan tersebut.
 
Selain itu, fitur ini sangat berguna bagi konsumen yang ingin langsung mengetahui kualitas barang yang dipesannya. Jika barang yang dipesan mengalami kerusakan atau kedaluwarsa, mereka bisa langsung meminta pergantian di toko tempat mereka mengambil pesanan tersebut.


Tanggal pengambilan barang yang telah dipesan pada fitur click & collect yaitu 7 hari kerja. Jika pembeli belum dapat mengambil barang pesanan karena kesibukan yang ada, mereka dapat berkomunikasi dengan pihak toko untuk diaturkan penjadwalannya. Atau mereka bisa meminta tolong diambilkan pada sanak saudara yang memiliki waktu luang. Yang terpenting, orang yang mewakilkan itu harus membawa kode settlement yang dikirim oleh pihak BliBli.com ke email pribadi pembeli.

Walau fitur ini cukup bagus, namun belum semua konsumen BliBli.com dapat merasakannya. Fitur click & collect hanya tersedia di wilayah Jabotabek, Bandung, Surabaya, Semarang, dan Bali. Namun kedepannya, BliBli.com akan mengupayakan agar fitur ini dapat dinikmati oleh konsumen BliBli.com di seluruh Indonesia.

Lalu, bagaimana cara menggunakan fitur Click & Collect ini? 

1. Setelah kamu selesai menambahkan produk ke Bag, lanjutkan ke laman Pengiriman. Pilih metode “Click & Collect.”

2. Lanjut dan selesaikan pembayaran sesuai metode pembayaran yang tersedia.

3. Setelah pembayaran terverifikasi, kamu akan menerima email konfirmasi pesanan dari Blibli.com yang dilengkapi dengan kode settlement dan barcode unik serta panduan pengambilan produk di toko.

4. Kunjungi toko yang telah kamu pilih sebelumnya dan tunjukkan email konfirmasi tersebut pada petugas toko dalam waktu 7 hari operasional (mohon periksa jam operasional masing-masing toko).

5. Mohon jaga kerahasiaan kode settlement, Blibli.com tidak bertanggung jawab apabila terjadi kebocoran kode settlement untuk pengambilan barang.


Setelah membaca cara menggunakan fitur Click & Collect, cukup mudah, bukan ?

Selain fitur Click & Collect, Blibli.com juga menyediakan fitur QR Code yang dapat mempermudah konsumen dalam melakukan proses pembayaran pesanan. Jadi, konsumen tidak perlu repot-repot mengantri di mesin ATM untuk menyelesaikan transaksi pesanan.

Lalu, bagaimana cara menggunakan fitur QR Code ini? Berikut langkah-langkah penggunaannya.


1. Klik “Uang Elektronik“ pada kolom Pilih Metode Pembayaran di laman proses Pembayaran, lalu pilih “Sakuku.“

2. Klik “Bayar Sekarang.“

3. Secara otomatis kamu akan diarahkan ke halaman Sakuku.

4. Login terlebih dahulu menggunakan nomor handphone kamu. Jika sudah, kamu akan diberikan QR Code untuk melakukan proses scan.

5. Akses Sakuku melalui smartphone, lalu pilih BAYAR BELANJA.

6. Scan QR Code menggunakan smartphone kamu.

7. Jika scanning berhasil, kamu akan masuk ke laman Konfirmasi Transaksi.

8. Periksa kembali pesanan dan nominal total pembayaran kamu.

9. Klik tombol LANJUT untuk membayar transaksi kamu.

10. Proses transaksi selesai, berikutnya kamu diarahkan kembali ke laman.

Bagaimana,  semakin nyaman kan berbelanja di BliBli.com?


LALU, APA ARTINYA FITUR QR CODE DAN CLICK & COLLECT UNTUK MERCHANT BLIBLI.COM?


Tentu kehadiran fitur ini tidak hanya menguntungkan konsumen saja, melainkan merchant BliBli.com juga. Dengan hadirnya fitur-fitur ini, akan membuat nyaman konsumen ketika berbelanja di BliBli.com, dengan begitu mereka akan loyal dengan BliBli.com. Otomatis, jumlah transaksi yang ada di BliBli.com juga akan meningkat, yang akhirnya akan membuat keuntungan merchant BliBli.com menjadi berlipat-lipat.

Yuk, kita mulai berjualan di BliBli.com, agar kita menjadi bagian yang merasakan untung berlipat-lipat!

You Might Also Like

0 comments

Subscribe