INDOZONE, SITUS BERITA TERBAIK UNTUK GENERASI MILENIAL DAN GEN Z

October 28, 2019


Siapa diantara kalian yang ketika bangun tidur langsung pegang handphone untuk melihat notifikasi? Saya rasa pasti banyak yang melakukan hal ini, termasuk saya sendiri. Sebagai generasi milenial atau gen Z, kita memang tidak bisa lepas dari gadget. Beberapa menit saja tanpa gadget, dunia seakan mau runtuh. Begitu melekatnya kita dengan gadget.

Sebagai generasi milenial atau gen Z, hal ini tentu wajar, karena saat ini kita hidup di era serba digital. Era di mana ketika ingin membaca berita, melakukan transaksi keuangan, atau mencari pekerjaan cukup bermodalkan gadget. Tak heran jika content creator yang ada di youtube atau instagram banyak diisi oleh generasi milenial atau gen Z. 




Untuk mengetahui besarnya pengguna smartphone di Indonesia, kita bisa melihat grafik di atas. Menurut data yang dikutip dari katadata.co.id, jumlah pengguna smartphone di Indonesia pada tahun 2019 sebanyak 92 juta. Jumlah ini meningkat sekitar 2 persen dari tahun sebelumnya yang berjumlah 83,5 juta.

Penggunaan gadget oleh generasi milenial dan gen Z tidak selalu berdampak buruk seperti yang dikhawatirkan selama ini. Tidak sedikit generasi milenial dan gen Z yang meraup pundi-pundi rupiah karena peran media digital. Penggunaan gadget oleh generasi milenial dan gen Z juga membuat generasi ini menjadi melek informasi, yang membuat sikap mereka menjadi semakin kritis.


GENERASI MILENIAL DAN GENERASI Z ADALAH GENERASI YANG KRITIS 

 

Beberapa kali saya mendapat pertanyaan dari generasi Z, dan pertanyaan itu cukup di luar praduga saya. Misalnya pertanyaan seputar politik, bisnis, atau teknologi. Dan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan pun cukup mendalam. Rasanya, pola pikir saya tidak sekritis itu ketika seusia mereka.

Generasi milenial dan gen z memang terkenal dengan pola pikir yang kritis. Pola pikir ini terbentuk karena mereka mengkonsumsi berita setiap harinya. Baik berita yang mereka minati, ataupun berita yang sedang viral saat ini. Teknologi informasi memang membuka akses informasi seluas mungkin, sehingga dapat dinikmati oleh manusia di seluruh penjuru dunia.

Tentu, untuk mendapatkan berita itu mereka harus mengunjungi sumber berita yang terpercaya, dan tentunya harus sesuai dengan usia mereka. Ada situs berita yang memang diperuntukan untuk generasi X dan baby boomer, dan ada juga situs berita yang diperuntukan untuk generasi milenial dan gen Z

Situs berita untuk generasi X dan baby boomers cenderung menggunakan bahasa yang baku, serta pembahasan yang terlalu berat untuk dicerna segala usia. Sedangkan situs berita untuk milenial dan gen z, penggunaan bahasanya cenderung santai dan mengalir. Dan terkadang diselipi dengan istilah-istilah kekinian.


INDOZONE, SITUS BERITA UNTUK MILENIAL DAN GEN Z


Rasa penasaran terus menggelayut di benak saya. Situs berita mana yang biasa mereka kunjungi sehingga generasi milenial dan gen Z tadi memiliki pola pikir kritis. Selidik punya selidik, ternyata mereka biasa nongkrong di situs berita untuk generasi milenial dan gen Z. Setelah saya kunjungi, memang situs berita ini cocok banget untuk generasi milenial dan gen Z. 

Penggunaan bahasanya santai dan mengalir, serta banyak materi yang cocok untuk generasi milenial dan gen Z seperti game, movie, musik, dan lain-lain. Penasaran mereka biasa nongkrong online di mana? Mereka biasa nongkrong online di indozone. Lalu, apa itu indozone? Indozone adalah situs berita terpercaya, dengan sajian berita terkini, berita harian, hingga informasi secara global yang menarik untuk dibaca dengan tagline #KAMUHARUSTAU. 


"Indozone is a new multimedia platform presenting both news and entertainment content which is designed towards the needs of millenials and gen Z consumers. Released in 2019, the vision of portal news www.indozone.id is to become the must see news source for millenials and gen Z. Beginning on instagram in 2014 #kamuharustau, indozone is a fast growing hub for millenials and gen Z viewers in the dynamic indonesian market. PT Indozone Media Indonesia established in 2018, will continue to work towards fullfilling the needs of millenials and gen Z, and inspiring the younger generations future."



Setelah menjadi pembaca setia indozone, saya berani merekomendasikan kalau indozone sangat layak dibaca oleh generasi milenial dan gen Z. Mengapa? Karena sebagai milenial yang sibuk bekerja, terkadang saya tidak mengetahui berita apa yang sedang viral saat ini. Dan ketika teman kantor mengajak ngobrol mengenai kejadian yang sedang hangat diperbincangkan saat ini, saya hanya terdiam membisu karena tidak tau apa-apa.

Ibarat kata pepatah “Bagai katak dalam tempurung.” Karena hal itu, sekarang selalu saya sempatkan untuk membaca berita di indozone 30 menit sebelum memulai pekerjaan, dan beberapa menit setelah pulang bekerja. Sekarang, ketika ada teman kantor yang mengajak berbicara mengenai berita yang sedang hangat, dapat saya ladeni karena saya mengetahui informasi tersebut.

Lalu, apa bedanya indozone dengan situs berita lainnya? Jawabannya banyak. Karena saya sudah menjadi pembaca setia indozone, saya akan beritahukan alasan mengapa indozone cocok banget untuk generasi milenial dan gen Z.


1. INDOZONE, DARI MILENIAL UNTUK MILENIAL


Indozone didirikan oleh Nico Arwandi dan Victor Antony yang merupakan generasi milenial. Seluruh karyawan indozone juga merupakan generasi milenial, baik pemimpin redaksi, redaktur, maupun staff redaksi. Tak heran jika mereka paham sekali akan kebutuhan informasi untuk generasi milenial dan gen Z.

Tak salah jika indozone menggunakan tagline “The Most Engaging Media For Millenials and Gen-Z,” karena target pembaca mereka memang untuk generasi milenial dan gen Z. Penasaran seperti apa berita yang ada di indozone? Buruan deh kepoin indozone. Dijamin kebutuhan informasi untuk generasi milenial dan gen Z akan terpenuhi sempurna oleh indozone.


2. INDOZONE, SITUS BERITA YANG USER FRIENDLY


Dalam menilai kualitas suatu situs berita, tidak hanya kualitas artikel yang diterbitkan saja, tetapi juga kenyamanan dan kemudahaan yang didapat ketika mengakses situs berita tersebut. Walau kualitas kontennya bagus, tetapi situsnya lambat, navigasinya ribet, serta bentuk kontennya berantakan sehingga memusingkan kepala ketika membaca, tak segan-segan akan langsung saya tutup dan beralih ke situs berita lainnya.

Salah satu alasan mengapa saya menjadi pembaca setia di indozone yaitu karena tidak terdapat kekurangan seperti yang telah saya sebutkan di atas. Situs indozone itu sangat user friendly, dan sangat mengutamakan user experience. Nama domain yang mudah diingat, websitenya responsif dan kompatibel dengan berbagai gadget, navigasi yang mudah, serta kombinasi warna yang nyaman di mata menjadi kelebihan situs indozone.

Selain itu, situs indozone juga telah dilengkapi keamanan berupa HTTPS bersertifikasi let’s encrypt. Komunikasi browser ke server dan server ke server akan dienkripsi. Jadi, data kita akan aman ketika mengunjungi situs indozone.


3. BACA ARTIKEL SESUAI MINAT DI BERBAGAI KATEGORI


Sama seperti situs berita lainnya, di Indozone juga terdapat berbagai kategori berita yang dapat kamu pilih sesuai minat kamu. Namun bedanya, semua kategori yang ada tidak jauh dari dunia generasi milenial dan gen Z. Adapun pilihan kategorinya antara lain: News, Fakta dan Mitos, Game, Tech, Food, Soccer, Beauty, Movie, Musik, Travel, Health, dan lain-lain.

Saya sendiri lagi senang baca-baca informasi mengenai game di indozone. Seperti kita ketahui, saat ini industri esports tanah air sedang berkembang pesat, dan membutuhkan banyak atlet-atlet esports untuk berbagai game.  Sebagai atlet esports, kita akan mendapatkan penghasilan yang cukup besar, baik dari gaji maupun dari sponsorship produk. Tak heran jika profesi sebagai atlet esports begitu diminati generasi milenial dan gen Z.


4. DI INDOZONE, KITA DAPAT MENONTON VIDEO YANG INFORMATIF


Kamu lebih suka menonton video daripada membaca berita untuk mendapatkan informasi? Tenang saja, karena di indozone ada kategori videografik yang siap memanjakan kalian dengan informasi terkini dari berbagai segmen informasi. Video-video yang ada juga termasuk video ringan yang tidak terlalu membutuhkan data yang besar. Jadi, anda tidak akan merasakan buffering yang akan mengganggu kenikmatan saat menonton videografik ini.


5. DI INDOZONE, MEMAHAMI BERITA MENJADI LEBIH MUDAH DENGAN INFOGRAFIK


Terkadang, kita kesulitan untuk memahami sebuah berita karena pembahasan yang terlalu berbelit-belit. Dan tak jarang kita lebih mudah memahami sebuah berita melalui gambar yang diisi beberapa bait kata. Memahami hal ini, indozone menyiapkan kumpulan berita yang telah disadur menjadi sebuah infografik yang cantik.

Infografik ini akan sangat memudahkan pembaca, karena akan mengubah informasi yang rumit menjadi berita yang mudah untuk dicerna. Kategori ini akan sangat cocok untuk milenial dan gen Z yang tidak terlalu suka membaca berita yang hanya berisi teks saja. Infografik ini juga akan membantu pembaca untuk mengingat berita yang dibacanya.


6. FYI, KATEGORI BERITA YANG DISUGUHKAN DENGAN APIK MELALUI GAMBAR


Masih sama seperti kategori infografik, pada kategori fyi, kita akan mendapatkan informasi seputar berita terupdate namun dikemas dengan gambar-gambar menarik. Namun bedanya, kalau infografik hanya disajikan dalam satu gambar, kalau kategori fyi kita akan disajikan beberapa gambar namun masih terkait dari berita yang ingin disampaikan.

Kategori fyi, akan cocok banget untuk milenial dan gen z yang ingin mendapat penyampaian berita yang praktis namun mudah di pahami. Selain itu, gambar-gambar yang disajikan pun cukup menghibur karena terdapat sedikit unsur humor dalam penyajiannya.


7. INSIGHT, KATEGORI BERITA YANG DAPAT MENAMBAH WAWASAN DENGAN BERITA TERUPDATE HINGGA BERITA VIRAL


Insight merupakan kategori yang ada pada situs indozone. Kategori ini akan memberikan informasi-informasi up to date yang sedang viral saat ini. Dengan membaca seluruh berita pada kategori insight, dijamin kita tidak akan kudet alias kurang update.

You Might Also Like

0 comments

Subscribe